Iklan

Iklan

Kasus Positif Covid-19 di Karawang Bertambah 1 Orang‎

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 03 April 2020, 03 April WIB Last Updated 2020-04-03T11:14:01Z

KARAWANG - Hasil rapid test yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Karawang, pada hari ini, Jumat (3/4/20) hanya ada penambahan satu pasien positif.

Tren penambahan pasien positif Covid-19 di Karawang menurun. Satu pasien positif tambahan didapat melalui hasil rapid test. Pasien tersebut pun sebelumnya terdata sebagai PDP yang kini dirawat di RS rujukan Covid-19 di Karawang.

"Kami berharap tidak ada lagi konfirmasi positif Covid-19 selanjutnya," kata juru bicara tim gugus tugas penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana di Kodim 0604 Karawang.  ‎

Sementara, total daftar orang dalam pemantauan (ODP) di Karawang ‎berjumlah 1.549 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 23 orang. Jumlah yang terinfeksi positif menjadi 34 orang. Dalam press conference tersebut, dr. Fitra juga meminta kepada masyarakat agar tidak percaya dengan daftar nama-nama yang positif Covid-19 dan daftar nama-nama PDP yang tersebar di media sosial.

"Kami tidak pernah merilis nama-nama yang positif, PDP‎ dan ODP. Jadi kebenaran daftar nama-nama yang tersebar itu bukan dari tim gugus tugas. Jadi itu di luar tanggung jawab kami," kata dr. Fitra.

Tim gugus percepatan juga mengimbau kepada masyarakat Karawang, maupun warga Karawang yang merantau di luar kota atau negeri agar tidak mudik dulu. Hal itu diharapkan untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 dari luar kota atau negeri.

Jika tetap memaksakan mudik, maka orang tersebut langsung masuk daftar ODP, karena dikhawatirkan menjadi carrier atau pembawa virus bagi keluarga atau masyarakat sekitar. Fitra juga memastikan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini semua unsur dari Pemkab, TNI/Polri, hingga ketua RT/RW terlibat.

"Jadi langsung terdata. Kita tak mau sampai ada kejadian serupa di salah satu Kabupaten, dimana orang tua yang sudah rentan tertular Covid-19 dari anaknya yang pulang mudik dari luar kota," ujarnya.

Tim gugus juga memastikan bahwa tim tenaga medis seperti dokter dan perawat, yang berjibaku menyembuhkan pasien Covid-19 akan mendapatkan tempat tinggal gratis di Hotel Novotel selama pandemi Covid-19.

"Ini stimulus. Supaya gak perlu pulang ke rumah dari rumah sakit," pungkasnya.(rls/naz).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasus Positif Covid-19 di Karawang Bertambah 1 Orang‎

Terkini

Topik Populer

Iklan