Iklan

Iklan

RSUD Ditunjuk Untuk PDP Bergejala Berat.

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 19 April 2020, 19 April WIB Last Updated 2020-04-19T14:26:38Z
KARAWANG- Kabupaten Karawang per hari ini, Minggu (19/4/20) tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Meski demikian, menurut juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana, akan bekerja keras untuk menekan angka penambahan pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang, dengan sejumlah langkah-langkah strategis.

Dengan melakukan patroli ke beberapa titik, menyemprot disinfektan, membagikan APD, masker bedah ke tenaga medis dan masker kain ke masyarakat.

Meski nihil kasus terkonfirmasi positif , namun untuk pasien dalam pengawasan bertambah. Saat ini, terdata total 151 orang berkategori PDP, dengan rincian selesai atau sembuh 81 orang, masih dalam pengawasan 62 orang dan meninggal 4 orang.

“Untuk ODP total ada 3.121 orang. Selesai pemantauan 1.998 orang, masih dalam pemantauan 1.123 orang dan OTG sebanyak total 309 orang, selesai 59 orang, masih dalam pemantauan 250 orang,” kata dr. Fitra saat press conference di Kodim 0604 Karawang, Minggu (19/4/20).

Dijelaskannya, RSUD Karawang telah ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menerima PDP bergejala berat. Sementara, RS Swasta diwajibkan agar mau merawat PDP dengan gejala ringan.

Sehingga, diharapkan pasien mendapatkan penanganan yang maksimal.

“RSUD direkomendasikan untuk PDP dengan gejala cukup berat. Untuk saat ini, RSUD sedang merapikan tempat, alat, fasilitas dan ruangan. Supaya penanganannya maksimal,” ujar Fitra.

Untuk itu, ia juga memastikan bahwa penanganan covid-19 berjalan dengan maksimal. Yakni setiap rumah sakit, termasuk RSUD, wajib melaporkan ketersediaan bed ruangan bagi pasien yang hendak dirujuk.

“Kita punya 166 bed untuk PDP maupun positif. Dan mereka dipisah tentunya,” terangnya.

Di satgas ada divisi manajemen fasilitasi kesehatan. Yang bertugas untuk memantau ketersediaan ruangan, kesiapan dokter dan perawat, serta memantau perkembangan pasien PDP ataupun positif.

“Dari makanan dan vitamin dimonitoring oleh tim ini, demi kesembuhan pasien,” tambah Fitra.

Selain itu, gugus tugas dari unsur TNI/Polri dari Kodim 0604 Karawang, Polres Karawang, Dishub, BPBD, Satpol PP, Damkar dan tim medis, tiada henti-hentinya melaksanakan sosialisasi, edukasi, penyemprotan disinfektan, patroli. Aparat kecamatan, desa hingga tingkat RT/RW bersinergi untuk mencegah penyebaran virus covid-19.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RSUD Ditunjuk Untuk PDP Bergejala Berat.

Terkini

Topik Populer

Iklan