Iklan

Rekomendasi KMSK, Pemkab Perlu Bijak Dalam Kebijakan

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 06 Mei 2020, 19:31 WIB Last Updated 2020-05-06T12:33:39Z
KARAWANG- Baru perdana menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ternyata menimbulkan polemik di masyarakat Karawang.

Situasi tersebut menggerakan Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil Karawang (KMSK), Aditya Permana mengirimkan surat rekomendasi terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Isi rekomendasi tersebut menitik beratkan kepada pemenuhan hak masyarakat atas penghidupan.

"Kami dari KMSK telah menelaah jauh hari sebelum PSBB, dan menilai bahwa kebijakan penanganan pandemi perlu banyak kebajikan terhadap masyarakat," tutur Aditya Permana saat dihubungi lewat telepon, Rabu (6/5/20)

Untuk itu Aditya menjelaskan, ada lebih dari 30 poin rekomendasi yang kami buat sebagai upaya pemulihan yang lebih tepat dan kongkret. Lanjutnya, dalam pengembangan penanganan perlu ada pembagian peran satuan gugus, dari satuan gugus bantuan, pangan, dan kesehatan.

Bukan itu saja, dalam ranah ekologis, perlu kiranya pemkab memerhatikan perlindungan lahan-lahan pangan berkelanjutan agar pangan tetap terjaga.

"Dalam poin rekomendasi, berbagai aspek sosial, ekonomi, anggaran, juga ekologis kami telaah. Salah satu halnya, kami melihat distribusi logistik perlu mengikutsertakan masyarakat yang mampu memproduksi bahan pangan. Seperti petani, dan nelayan di berbagai wilayah di Karawang," jelasnya.

Selain itu, ia menuturkan bahwa pemkab harus fokus dalam penanganan tanpa terpengaruh oleh arus politis yang terjadi.

Ketidakkekompakan atas sikap para pemilik kebijakan hanya akan menimbulkan pandangan ketidakdewasaan stakeholder.

"Kalau memang dewasa dalam berpolitik, seharusnya kepentingan publik menjadi utama dalam sikap para pemilik kebijakan," katanya.

Rekomendasi di atas diharapkan oleh KMSK mampu diimplementasikan dalam kebijakan, hingga proses pemulihan dapat berlangsung cepat, dan tepat. Hal di atas pula, sebagai upaya adaptasi dalam perubahan iklim yang terjadi saat ini.

"Pandemi ini cobaan bagi daya hidup manusia selama perubahan iklim ini," tandasnya.(yud)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rekomendasi KMSK, Pemkab Perlu Bijak Dalam Kebijakan

Terkini

Topik Populer

Iklan