Iklan

Iklan

Aliansi LSM 'Gugat' Pembangunan Perumahan Mewah Rolling Hills

BERITA PEMBARUAN
Senin, 27 Juli 2020, 27 Juli WIB Last Updated 2020-07-27T07:57:17Z
Audensi aliansi LSM dengan pemkab

KARAWANG - Delapan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung kedalam aliansi ormas lakukan audiensi terkait pembangunan perumahan elit Rolling Hills di Kawasan Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE), Senin (27/720).

Pada kesempatan ini, juru bicara aliansi, Suparno mengungkapkan bahwa pembangunan perumahan elit tersebut agar segera dihentikan sementara karena diduga telah melakukan pelanggaran.

"Kami minta untuk diberhentikan sementara, artinya jelas ini pelanggaran. Izin belum dikantongi, mereka telah melakukan pekerjaan," ungkapnya.

Selanjutnya Suparno menambahkan, Pemkab Karawang mengapresiasi audiensi yang dilakukan oleh aliansi ini dan sepakat untuk melakukan pemberhentian sementara.

"Kami meminta kepada DPMPST untuk segera membuat surat ke Satpol PP untuk pemberhentikan sementara pembangunan tersebut," tambahnya.

Suparno pun menegaskan terkait aturan pembangunan itu harus ada transparasi dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

"Kita sebagai lembaga sosial kontrol tidak berbicara diatas langit masih ada langit, aturan tetap aturan yang harus disampaikan, keadilan harus tetap ditegakan," tegasnya.

Berdasarkan hasil audiensi, Suparno menambahkan, waktu pelaksanaan pemberhentian sementara akan dilakukan pada hari ini dan untuk tetap berjalannya pengawalan terkait pembangunan proyek ini akan dilakukan koordinasi dan investigasi.

Aliansi ini tergabung dari 8 LSM dan Ormas, Laskar NKRI, GMBI, BPPKB Banten, Laskar Merah Putih, Gibas Jaya, Kompak, Gibas Cinta Damai, dan FKPPI.

Sementara Asisten Daerah I Ahmad Hidayat menyampaikan, berdasarkan hasil kesimpulan rapat agar DPMPST membuat surat kepada Satpol PP untuk melakukan tindakan pemberhentian sementara.

Dikatakan Kabid Wasdal DPMPST Kabupaten Karawang Asep Suryana, hari ini pihaknya akan membuat surat kepada dua Dinas Satpol PP dan Dinas LHK.

“Satpol PP untuk penghentian sementara, dan DLHK menguatkan surat dari DPMPST ke Satpol PP karena lingkungan hidup bertanggungjawab soal AMDAL,” jelasnya.

Audensi tersebut dihadiri oleh Asisten Daerah I Kabupaten Karawang, Kepala DPUPR, Kepala Bapeda, Kepala DLHK, Kepala Satpol PP, Dishub, DPMPST, dan Aliansi LSM dan Ormas.(jar/red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aliansi LSM 'Gugat' Pembangunan Perumahan Mewah Rolling Hills

Terkini

Topik Populer

Iklan