Iklan

Iklan

Beredar Foto di Acara Ultah Bupati, ini Penjelasan Ketua KPU Karawang

BERITA PEMBARUAN
Senin, 20 Juli 2020, 20 Juli WIB Last Updated 2020-07-20T16:43:52Z
Ketua KPU Karawang M.Farid

KARAWANG-  Beredarnya Foto komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karawang di media sosial saat hadiri ulang tahun Bupati di rumah dinas bupati, hari Sabtu 18 Juli 2020, banyak dipertanyakan masyarakat.

Saat di konfirmasi, Ketua KPUD Karawang Miftah Farid menyampaikan, bahwa benar komisioner KPUD pada saat itu ada di rumah dinas bupati, namun bukan untuk menghadiri acara ultah bupati melainkan untuk pencocokan dan penelitian (Coklit) Data Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu mendatang.

"Pada tanggal 18 itu, kita mengagendakan coklit untuk forkopimda di hari pertama, yaitu Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua DPRD," terang Farid.

Selanjutnya, Farid pun menambahkan bahwa coklit pada hari pertama itu sudah teragendakan waktu nya. Wakil Bupati pada pukul 13.00, Bupati pada sore nya, kemudian ketua DPRD pukul 17.00 WIB.

Namun, semuanya pada agenda yang sudah ditetapkan. Saat itu Wakil Bupati berhalangan, karena ada agenda di Polres, maka diganti jadwalnya menjadi hari Minggu 19 juli 2020 pukul 08.00 WIB di kediamannya.

Dijelaskan Farid, bahwa pada coklit forkopimda tersebut, KPU hanya mendampingi rekan-rekan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS). Dalam acara tersebut, ikut serta juga Panwaslu Kelurahan Desa (PKD), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dalam agenda coklit tersebut KPUD pun tidak mengetahui bahwa sedang ada acara di kediaman bupati.

"Jadi bukan untuk menghadiri ultah, tapi rekan PPDP akan mencoklit Bupati," tegasnya.

Ditambahkan, bahwa setelah mencoklit bupati di kediamannya, pada sore hari mencoklit Ketua DPRD di Cikampek dihadiri PPDP, PPS, PPK, PKD dan Panwascam.

Dalam kegiatan tersebut, KPUD memperlakukan setara pada forkopimda dengan cara mendatangi kediamannya masing masing.

"Masyarakat silakan membacanya seperti apa. Tapi yang jelas kita klarifikasi bahwa itu hanya agenda coklit, yang pada saat kebetulan waktu yang sudah ditentukan dikediaman bupati sedang ada acara," tandasnya.(jar)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Beredar Foto di Acara Ultah Bupati, ini Penjelasan Ketua KPU Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan