Iklan

Iklan

Rencana Pembangunan RSUD Rengasdengklok Segera Terealisasi

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 26 Juli 2020, 26 Juli WIB Last Updated 2020-07-26T06:14:44Z

KARAWANG–  Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengasdengklok yang terletak di wilayah utara Karawang ini, tampaknya akan segera terealisasikan dalam waktu dekat.

Titik terang terkait rencana ini terlihat dalam penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Karawang dan PT Nikki Four, PT Nikki Four dengan PT BCP yang bertempat di Cafe Koffie Hier Grand Taruma pada Sabtu kemarin (25/07/20).

Dijelaskan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang Asep Hazar, bahwa kesepakatan ini kemungkinan meliputi pelbagai bidang insfrastruktur yaitu infrastruktur kesehatan, pertanian, peternakan, dan lingkungan.

"Jadi ini adalah kesepahaman dengan PT.BCP (sebagai investor), adapun dalam waktu dekat akan dibangun RSUD Rengasdengklok,” ujar Asep, ketika diwawancara oleh awak media.

Dijelaskan Asep, rencana pembangunan RSUD Rengasdengklok ini diperkirakan akan menelan biaya hingga 300 miliar, namun dalam pelaksanaannya bukan berarti akan dikerjakan perusahaan tersebut, tetap harus melalui proses lelang terlebih dulu.

“Untuk rencana dibangun, itu tergantung proses tender yang dilakukan, ini hanya komitmen saja bahwa investor ingin membantu pemkab dalam pembangunan, ini baru nota kesepahaman saja dengan PT. Nikki Four sedangkan PT. BCP sebagai investornya,” tandasnya.

Ketika diwawancara oleh awak media seusai acara, Direktur Utama PT. Nikki Four, Yuniati menerangkan kronologis perusahaan yang dipimpinnya tersebut kemudian memilih Karawang sebagai tempat investasi dari beberapa sektor yang potensial dan perlu dikembangkan.

“Perusahaan kami memilih di Karawang karena ada beberapa sektor yang belum dikembangkan, karena melihat di wilayah Rengasdengklok belum adanya Rumah Sakit serta perbatasan juga dengan bekasi. Tadi pun kita sudah berkomunikasi dengan Bupati Karawang kebanyakan rumah sakit adanya di kota," ujarnya.

Rencana pembangunan RSUD Rengasdengklok dijelaskan olehnya, karena Pemkab Karawang tidak memplotkan anggaran untuk kegiatan pembangunan, maka dari itu kerjasama yang akan diajukan untuk pembangunan ini melalui sistem BOT (Build-Operate-Transfer), yang saat ini baru tahap nota kesepahaman, belum masuk kedalam pembahasan pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan nantinya.

“Karena saya dengar bahwa pemerintah Daerah tidak ada di APBD, pemerintah daerah menawarkan, dan mungkin permulaan sebagai pilot project, kita akan ambil untuk kesehatan dulu karena memang ini lagi pandemi Covid-19. Untuk kesepakatan sendiri sudah antara PT. BCP dengan Pemkab Karawang, tadi kan sudah ditandatangani," jelas Yuniati mengakhiri.(za)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rencana Pembangunan RSUD Rengasdengklok Segera Terealisasi

Terkini

Topik Populer

Iklan