Iklan

Iklan

Ketua Satgas Tinjau Langsung Sungai Citarum yang Berwarna Hitam

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 04 Agustus 2020, 04 Agustus WIB Last Updated 2020-08-04T12:11:37Z

KARAWANG- Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Citarum, Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Thamim kunjungi Sungai Citarum yang airnya berwarna hitam pekat, di Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Jawa Barat, Selasa(4/8/20).

Selain Ketua Harian, hadir pula dalam kunjungan tersebut, Dansektor 18 dan 19, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang dan Dirut PDAM Kabupaten Karawang meninjau langsung lokasi air yang berwarna hitam.

Dikatakan Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Thamim, di Sektor 16 itu berbatasan dengan sektor 18 di mana di Walahar kondisi air normal kemudian buangannya normal juga,mulai wilayah dari Kecamatan Klari air itu mulai kelihatan warna hitam dan setelah datang ke sungai di Desa Sukaharja dibawah kolong jembatan juga semakin hitam.

"Sungai berwarna hitam itu mungkin ada sesuatu, yang pertama kemungkinan sedimen-sedimen yang masa lalu yang sudah bertahun-tahun, saat kondisi panas ini menguap naik kemudian warna jadi hitam, kemungkinan kedua adalah limbah dari perusahaan atau dari pabrik yang membuang limbah dan yang ketiga kemungkinannya adalah limbah domestik dari penduduk yang langsung turun ke sungai," ujar Ketua Harian.

Sementara untuk mengatasinya membutuhkan waktu.  Dan saya sudah koordinasi dengan pengelola PJT II di Walahar nanti akan dibuka pintu itu untuk mengeluarkan air sehingga endapan di sini bisa tercampur dengan air yang bersih.

"Diharapkan keadaan bisa normal kembali, tapi itu sangat singkat waktunya karena tidak bisa membuka lebih dari 15 menit nanti akan berpengaruh kepada irigasi yang ada di sekitar,” terang Dedi.

Selanjutnya untuk melakukan penelusuran sungai juga sudah mengambil sampel air dari beberapa titik dan nanti akan dicek uji Laboratorium.hasilnya nanti, apakah ini memang dari endapan atau masih ada pabrik yang masih nakal membuang limbahnya atau memang limbah Limbah domestik,  belum terkontrol oleh dinas, terpantau padat mereka pembuangannya masih murni membuang dari rumah masuk ke saluran dan akhirnya masuk ke Citarum.

“Diharapkan juga ada partisipasi dari masyarakat agar tidak membuang sampah ke Citarum.Terkait adanya ikan mati disungai Citarum. Dan perlu dicek kebenarannya, karena banyak kemungkingna terjadi, seperti ada orang iseng yang hanya ingin membuat viral atau orang-orang yang ingin mencemari sungai di wilayah Kabupaten Karawang," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, Sungai Citarum hitam saat ini akibat dari endapan-endapan kemudian juga debit air dari Walahar, dan ditambah sinar matahari sehingga dimana sedimen-sedimen atau selat-selat yang puluhan tahun tersebut naik ke atas air permukaan.

"Kita juga mengambil sampel untuk uji Laboratorium. Namun, secara kasat mata memang hitam tapi lihat aja nanti setelah uji Lab, biar memastikan secara pasti, apakah air tersebut berbahaya, atau tidak," ungkap Wawan.(red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Satgas Tinjau Langsung Sungai Citarum yang Berwarna Hitam

Terkini

Topik Populer

Iklan