Iklan

Iklan

Marak Pencurian, Pedagang dan Pengunjung di Pasar Rengas Desa Wanajaya Bekasi Gelisah

BERITA PEMBARUAN
Sabtu, 19 September 2020, 19 September WIB Last Updated 2020-09-19T02:41:31Z


KARAWANG- Aksi pencurian kerap terjadi di Pasar Tradisional Rengas, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bahkan, diduga hampir setiap minggu, ada saja sejumlah pedagang dan konsumen menjadi korban aksi pencurian di tokonya ataupun kendaraan bermotor.


Sangat disayangkan memang, lemahnya sistem keamanan di pasar tradisional tersebut disinyalir menjadi penyebab maraknya aksi pencurian. Lebih ironis lagi, jumlah korban yang tidak sedikit itu belum membuat sejumlah pihak berwenang buru-buru mencari solusi.


Kali ini, menimpa Enay, pedagang daging. Pada hari Selasa (15/09/20) dia menjadi korban aksi pencurian di toko tempat usahanya di Pasar Tradisional Rengas Wanajaya. Bahkan bukan hanya kehilangan barang dagangannya, sepeda motor yang biasa disimpan ditempat parkir pun raib digondol maling. Kerugian yang dialaminya sebesar sepuluh juta belum termasuk sepeda motornya yang dicuri. 


“Barang dagangan saya berupa daging senilai sepuluh jutaan hilang didalam toko saya. Awal diketahui ada pencurian daging, setelah saya dan suami, pagi-pagi membuka toko tempat saya jualan.Gembok sisa gergajian sudah lepas dari rolling door yang sudah terbuka separuh," ujar Enay.


Lebih jauh Enay menuturkan, selain tokonya kebobolan maling, seminggu sebelumnya sepeda motornya yang biasa dipakai untuk keperluan pergi pulang dari tempat tinggalnya ke pasar pun raib digondol maling. Ketika kendaraannya disimpan rapi ditempat parkir yang biasa setiap hari dirinya simpan. 


“Saya mah ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula. Sudah sepeda motor saya ada yang nyolong, dagangan saya berupa daging juga digasak maling. Sungguh keterlaluan. Saya heran dengan sistem keamanan di komplek pasar ini. Saya laporan ke pengelola keamanan, ehh, malah suruh nambah setoran uang keamanan. Toko saya dimasukin maling, gak ada reaksi apa-apa pengurus pasarnya. Sudah begini cuma ikhlas dan pasrah aja deh," keluhnya.


Ketika para pedagang yang lain dimintai komentarnya, mengatakan bahwa aksi pencurian pada toko yang ada di Pasar Rengas sering terjadi. Seperti yang diutarakan Tante pedagang sembako, tokonya pernah nyaris dibobol maling, untungnya kata dia, ada orang yang memergoki aksi maling tersebut sehingga maling ambil langkah seribu. 


"Aksi pencurian di Pasar Rengas ini sering terjadi, mungkin hampir semua toko pedagang disini pernah mengalami korban pencurian. Saya kan disini baru empat tahun, pemilik toko yang pertama ini pun sempat mengatakan kepada saya, sewaktu dia yang dagang sering kemalingan tokonya," tutur Tante. 


Ditempat yang sama, menurut salah satu pembeli yang biasa berbelanja di pasar Rengas Yana (46), menuturkan beberapa waktu lalu, kejadian kehilangan sepeda motor di pasar Rengas juga dialami konsumen lainnya. Yang biasa memarkirkan kendaraannya untuk berbelanja di pasar tersebut. 


Meski aksi pencurian di pasar tradisional tersebut sering, seolah pengurus enggan untuk membenahi sistem keamanannya terhadap toko para pedagang dan lokasi parkir. 

Namun walaupun sering terjadi pencurian para pedagang dan warga yang menjadi korban pencurian masih enggan untuk melaporkannya kepada pihak kepolisian. 


“Kebanyakan warga pasar nggak mau berurusan sama aparat. Mungkin alasannya, mereka khawatir biaya urus-urus nya, melebihi jumlah nilai barang yang hilang,” kata Yana.


Yana berharap, pihak-pihak yang terkait seperti pengelola pasar, Pemerintah Desa Wanajaya dan aparat berwenang (Kepolisian-red) bisa memberikan solusi, dengan menciptakan sistem keamanan terpadu di pasar Tradisional Rengas Desa Wanajaya itu. 


“Jika sistem kemanan yang baik sudah ada, saya yakin aksi pencurian bisa diminimalisir. Warga pasar pun bisa tenang berjualan. Para pembeli pun merasa nyaman tanpa takut kehilangan kendaraannya. Dan kalau bisa, pemerintah Desa Wanajaya dan aparat jangan tutup mata dengan kondisi yang menghantui warga pasar selama ini,” kata Yana. (Endang Nupo)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Marak Pencurian, Pedagang dan Pengunjung di Pasar Rengas Desa Wanajaya Bekasi Gelisah

Terkini

Topik Populer

Iklan