Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Binuang Gelar Razia Masker

 


RANTAU- Guna meminimalisir penyebaran virus corona yang mematikan, Satgas Penanganan Covid-19 Binuang gelar razia masker  di Perempatan By Pass Transad Binuang, Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Selasa (22/9/20).


Sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dan upaya pencegahan penyebaran covid-19 terus dilakukan Tim Satgas Keamanan Binuang dengan melakukan giat penindakan dan razia masker kepada masyarakat yang melintas.


Hal tersebut disampaikan Sekretaris Tim Satgas Penanganan Covid-19 Eko Haryono, SE,MM kepada berita pembaruan.com.


Dikatakan Eko kegiatan ini sudah dilakukan kurang lebih selama lima bulan agar benar-benar warga sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan seperti halnya memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak serta mencuci tangan.


"Dalam razia hari ini, tim menemukan   13 orang yang kedapatan tidak memakai masker, dua orang diantaranya warga di luar Kecamatan Binuang," ujar Eko.


Adapun sanksi yang diberikan kepada para pelanggar kata Eko, berupa sanksi sosial, seperti disuruh mengucapkan kelima sila dari Pancasila, menyapu fasilitas umum dan yang masih muda serta sehat melakukan Push up.


Dijelaskan Eko selain razia di jalan Satgas juga akan melakukan operasi yustisi ke cafe-cafe warung dan tempat-tempat berkumpul orang banyak. Dan untuk jumlah pelanggar alhamdulillah masyarakat sudah mulai terbiasa bermasker hingga saat ini  ada penurunan dibandingkan razia bulan sebelumnya.


" Kami berharap semua pihak membantu mensosialisasikan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Dengan memahami secara benar istilah new normal. Karena bahasa new normal itu, bukan berarti sudah bebas dari pandemi, namun lebih kepada membiasakan diri beradaptasi tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitas apa pun," tandasnya.(ron)


Lebih baru Lebih lama