Iklan

Iklan

Di Karawang, Ratusan Ruang Kelas Kondisinya Rusak Berat

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 18 September 2020, 18 September WIB Last Updated 2020-09-18T05:35:33Z


KARAWANG- Ratusan ruang kelas yang tertera dalam Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Kabupaten Karawang tahun 2019 dengan kondisi rusak berat menjadi perhatian publik, pasalnya hal itu bisa membahayakan bagi siswa maupun guru yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar.


Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H.Cecep Mulyawan mengatakan dalam jangka waktu satu tahun jumlah ruangan kelas yang rusak berat mengalami penurunan. 


"Untuk tahun 2020 ini tinggal 163 ruang kelas SMP, dan 643 ruang kelas SD yang kondisi masih rusak berat, berarti ada kemajuan kan, untuk SMA dan SMK itu di kepala cabang yang sedangkan PAUD itu kan pembangunan nya dimasyarakat," ujar Cecep diruangannya, Kamis (17/09/20)


Menurut Cecep, ruangan yang rusak berat itu terus dilakukan perbaikan dengan diajukan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat dan Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) Kabupaten dan menargetkan tidak ada ruang kelas yang rusak berat di 2021.


"Melalui DAK dan APBD Kabupaten di dinas PUPR untuk fisiknya, diajukannya ke Bupati nanti di disposisi ke PUPR nanti PUPR oleh orang ketiga yaitu pemborong yang ditunjuk oleh PUPR, dan targetnya 2021 itu udah selesai semua," tutur Cecep.


Kemudian, Cecep menyebutkan mekanisme pengajuan untuk perbaikan ruang kelas yang berat dari tingkatan korwil hingga pusat. 


Pihak sekolah mengajukan ke Korwil nanti korwil yang mengetahui mana saja yang rusak, dari korwil ke Disdikpora, nanti oleh disdikpora di ajukan ke pusat (Kemendikbud) melalui aplikasi, nanti pusat lah yang menentukan.


"Untuk biaya renovasi ruang kelas yang rusak berat itu 196 juta rupiah, itu tidak ada potongan," tandasnya.(jar)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Karawang, Ratusan Ruang Kelas Kondisinya Rusak Berat

Terkini

Topik Populer

Iklan