Iklan

Iklan

Kemendikbud Harus Turun Atas Polemik di Kampus Unsika

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 11 September 2020, 11 September WIB Last Updated 2020-09-11T14:30:44Z
 Emay Ahmad Maehi

KARAWANG-  Polemik Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang sangat mahal, mendapat tanggapan dari pengamat sosial dan politik Karawang, Emay Ahmad Maehi, Jumat (11/9/20)  


Dikatakan Emay, demi kepentingan pendidikan semahal itu tidak etis dan kedaulatan pendidikan itu milik rakyat. Negara melalui pemerintah berkewajiban menjadikan pendidikan sebagai kewajiban hakiki. 


"Lebih baik menyesuaikan anggaran publik lainnya, dari pada dunia pendidikan yang menanggung beban biaya menjadi lebih besar dan dibebankan kepada orang tua Mahasiswa," ungkap Emay Ahmad Maehi, Jumat (11/9/20)


Pendidikan itu lanjut Emay, harus mendapat tempat yang terhormat. Dan anak didikpun wajib menyandang kehormatan demi keberlangsungan masa depan bangsa.


"Saya sangat prihatin, bagaimana dengan saudara, anak dan cucu kita kelak. Kalau dunia pendidikan saja semahal ini," ujar mantan ketua KPU Karawang.


Untuk itu kata Emay pendidikan harus mendapat tempat terhormat. Dan anak didik wajib menyandang kehormatan demi keberlangsungan masa depan bangsa.


"Kalau biaya pendidikan seperti ini, resisten menjadi komoditas politik. Tolong hentikan,  kami tidak sanggup menyaksikannya," tandasnya.


Unsika memang secara identity university menjadi Perguruan tinggi nasional. Namun civitas akademikanya masih banyak orang Kabupaten Karawang.


"Memangnya sudah berapa banyak pendapatan masyarakat Kabupaten Karawang ? Harus sebanyak itu mengeluarkan biaya mahasiswa baru?," tanya Emay.


Saatnya kata Emay, Kemendikbud harus turun tangan sebelum terjadi krisis ketidakpercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan.


"Kalau ini kebijakan Rektorat, harus dimintai penjelasan kenapa hal ini terjadi," kata Emay.(red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemendikbud Harus Turun Atas Polemik di Kampus Unsika

Terkini

Topik Populer

Iklan