Perlu Sentuhan Pemerintah, Promosikan Batik Cilamaya


KARAWANG- Beberapa daerah di Indonesia seperti Pekalongan, Cirebon, Solo dan beberapa daerah lainnya mempunyai batik khas sesuai karakteristik daerahnya. Begitu juga dengan Kabupaten Karawang yang ternyata mempunyai Batik khas sesuai dengan topografi Karawang yang luas dengan pesawahan.

Tidak banyak diketahui, Karawang ternyata mempunyai batik sendiri yaitu Batik Cilamaya. Komunitas Wong Cilamaya mendeklarasikan Batik Cilamaya di DI Cafe Cilamaya, Senin (31/8/20).

Menurut Dili yang merupakan inisiator deklarasi mengatakan, bahwa Batik Cilamaya sudah dipatenkan dan merupakan bagian dari kearifan lokal Kabupaten Karawang yang harus diperkenalkan lebih luas kepada masyarakat.

"Batik Cilamaya sudah dipatenkan dan ini patut menjadi kebanggan bersama," ungkapnya.

Dengan motif yang khas kata Dili, yaitu motif padi dan mangruf sesuai dengan wilayah Cilamaya yang luas dengan sawahnya dan daerah pesisir pantai. Dan motif padinya adalah menggambarkan padi jenis muncul yang merupakan varietas padi khas Cilamaya.

"Saya berharap masyarakat Karawang dan Cilamaya khususnya ada rasa memiliki terhadap Batik Cilamaya, karena kalau bukan kita yang mencintai budaya sendiri mau siapa lagi," ungkapnya.

Sebagai seseorang yang sudah begitu sering mengikuti acara-acara fashion show dirinya juga memiliki rasa kebanggaan tehadap daerahnya.

"Saya ingin menunjukan kecintaan dan kebanggaan saya terhadap daerah saya, dengan menampilkan ciri khas  produk asli daerah saya agar orang lain tahu, oh ini toh Batik Cilamaya. Oh ini toh Batik dari Karawang.

Dili juga menerangkan salah satu sentra oleh-oleh khas Karawang sudah memintanya untuk memajang dan memasarkan Batik Cilamaya di tempat tersebut. namun karena hak patennya waktu itu belum keluar dirinya belum berani.

"Insya Allah kedepannya saya akan terus memperkenalkan Batik Cilamaya ini lebih luas lagi, namun saya juga berharap ada dukungan dari pemerintah daerah untuk ikut juga mempromosikanya. Kalau ada event Batik Cilamaya bisa ditampilkan dan kalau ada tamu dari luar daerah, juga bisa diberikan Batik Cilamaya sebagai oleh-oleh," harapnya.(mus)
Lebih baru Lebih lama