Satgas Kecamatan Binuang Samakan Persepsi Lawan Covid-19


RANTAU- Guna mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini begitu masif, Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Binuang, gelar pertemuan untuk menyamakan persepsi dalam hal pencegahan dan penangan pandemi covid-19 di Aula Kantor Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Senin (21/9/20).


Dikatakan Ketua Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Binuang Eko Haryono SE.,MM, mengatakan pertemuan ini  membentuk Satgas yang awalnya bernama GTTP menjadi Satgas Kecamatan dan nantinya kelurahan dan desa. Dan saat ini hanya tinggal dibuatkan Surat Keputusan (SK) saja karena memang sudah terbentuk. Lalu lanjut Eko, pembahasan, bagaimana kita melakukan pergerakan kedepan tentang wabah covid-19


"Bagaimana kita lakukan pencegahan ke depan, dan ini tugas bersama Satgas gabungan muspika dan relawan. Selanjutnya kita nunggu arahan dari kabupaten. Walau bagaimanapun kita ga lepas dari atasan, " ujar Eko yang juga merupakan Sekretaris Kecamatan Binuang kepada berita pembaruan.com, Senin (21/9/20).


Sementara saat ini lanjut Eko, sedang diadakan koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan, termasuk yang kita lakukan seperti himbauan sosialisasi. Namun protokol kesehatan yang selama ini sedikit agak goyah karena ada statemen new normal atau kehidupan baru yang belum dipahami secara detail oleh sebagian masyarakat.


"Alhamdulillah masyarakat Binuang sudah semakin sadar memakai masker. Memang banyak kemaren-kemaren yang kena razia tidak memakai masker. Dan kebetulan, mereka itu warga dari luar Binuang. Karena Binuang ini daerah perlintasan, pintu masuk Kabupaten Tapin," terang Eko.


Sementara ditempat yang sama Kepala Puskesmas Kecamatan Binuang dr.Isro Antarikso menyampaikan bahwa setiap suspek itu kita laksanakan tes swab. Jadi syarat tes swab hanya yang mempunyai gejala klinis saja. Dan bila ada yang terkonfirmasi positif kita ada dua alternatif. Disarankan isolasi mandiri di asrama haji di Banjar Baru atau di rumah selama 14 hari.


"Dan itu selama 14 hari tersebut terus dalam pengawasan tim kesehatan," ujar Isro. 


Hadir dalam acara tersebut selain ketua Satgas Eko Haryono dan jajaran muspika juga Puskesmas Binuang dr Isro Antarikso, juga jajaran Polsek, Koramil, Relawan Sapat H.Hendra Wahyudi dan perwakilan Pemuda Pancasila M.Yusuf Alfair. (ron)



Lebih baru Lebih lama