Bunga Bangkai Ditemukan di Pemakaman Cidomba Telukjambe Timur Karawang



KARAWANG- Bunga unik dan berbau menyengat ditemukan penjaga makam Enit, Jumat 16 Oktober 2020 di lahan pemakaman Cidomba Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Jawa Barat.


Pantauan berita pembaruan.com saat observasi di hari ke 4 ditemukan, tingginya sudah mencapai 55 centimeter, lebar 40 centimeter, mahkota 24 centimeter, kelopak 31 centimeter sedangkan lingkat 100 centimeter.


Menurut Nurul Khoirut Penyuluh Dinas Kehutanan ini adalah bunga Raflesia Arnordii, bunga langka yang dilindungi Undang-undang. Bunga tersebut perlu  dilestarikan, termasuk bunga unik yang baunya menyengat.


"Dan biasanya bunga tersebut, bila sudah berumur satu tahun akan tumbuh lebih besar lagi, mohon lahan sekitar tempat tumbuhnya bunga itu dijaga dengan baik," kata Nurul, Senin (19/10/20)


Bila nanti, lanjut Nurul ada tanda-tanda akan mau tumbuh lagi, diharapkan penjaga makam segera memberi kabar kepada kami, sehingga nantinya bisa dilihat perkembangan tumbuhnya. 


"Saya berharap bisa munculnya bunga raflesia lain disini. Yang berbeda jenisnya. Ini akan bisa menambah ilmu pengetahuan, wawasan, bagi warga dari pengkayaan jenis tanaman endemik langka yang ada di negara kita," terang Nurul.(MU)






 


Lebih baru Lebih lama