Iklan

Iklan

Danau Tapin Bisa Mendongkrak Produksivitas Pertanian di Tapin Kalsel

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 09 Oktober 2020, 09 Oktober WIB Last Updated 2020-10-09T15:49:01Z


RANTAU- Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) II Kalimantan Selatan Fiqri Abdurahman menyampaikan sekitar 4 atau 5 bulan kedepan Danau Tapin akan terisi penuh.


Untuk itu kata Fiqri, secara pelan-pelan akan kita isi, yang pasti itu di lubang yang sekarang lewat air akan ditutup. Dan selama itu air akan mengalir walaupun tidak ful tetapi akan tetap ada yang dialirkan seperti yang tadi dikatakan  Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR sehingga nanti sekitar 4 atau 5 bulanan hingga penuh.


"Jika itu sudah siap, nanti kita operasi kan. Nanti kita ada acara lagi dengan pak bupati," kata Kepala BWS II Kalsel sesaat setelah acara seremonial Pengisian Awal Danau Tapin, Jumat (9/10/20).


Alhamdulillah berkat bantuan pemerintah daerah dan aparat setempat serta BPN lanjut Fiqri, semua masalah pelan-pelan teratasi, terutama masalah sosial harus berhati-hati. 


"Alhamdulillah sekarang sudah siap. Dan untuk target terisinya danau, itu tergantung curahan air hujanya. Kalau menurut perkiraan hasil analisa hidologi dan lain lain itu dalam waktu 4 sampai 5 bulan akan penuh," tandasnya.



Sementara Bupati Tapin HM.Arifin Arpan ketika ditanya wartawan tentang dampak positif bila danau sudah beroperasi ? Bupati menjawab, kalau sekarang bendungan belum jalan aja sudah kita sudah dua 2 sampai 3 kali panen.


"Aku yakin yang ketiga kalinya itu bisa capai. Yang ketiga kalinya bisa dikembangkan dengan jagung dan tanaman lainya juga bisa. Dan yang ketiga itu menjelang musim panas," ungkap Bupati.


Lanjut Bupati, prosentase hasil dari tanam ke tiga kalinya itu sudah jelas. Saat ini kita pakai air dari irigasi normal dari bendungan ini kan hasilnya bisa 5,4 ton perhektarnya dan yang sudah kita pakai sudah ada 1000 hektar, berarti kalau 6000 itu sudah pasti lah. 6000 hektar kalau kali 3 itu berarti 18 ribu.


Sekarang ini ada empat kecamatan yang mendapatkan hasilnya, tapi tidak menutup kemungkinan. Menunggu 3 tahun kedepan itu irigasikan itu kan bisa disalurkan kita tunggu dulu karena masih dalam proses pengembangan. 


"Tiga tahun baru selesai nantikan ada penyebaranya ke mana-mana aliran irigasinya," jelas bupati. 


Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kalsel Faturrahman dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa manfaat Bendungan ini banyak sekali yang diantaranya seperti meningkatkan pertanian dari satu kali panen biar bisa dia atau tiga kali panen, selanjutnya yang kedua berfungsi sebagai bantuan untuk air minum dan pembangkit listrik


"Kapasitas tampung air 56,77 juta meter kubik, menghasilkan air baku 0,5 liter/detik PLTA 3,3 megawatt, air irigasi bisa mengairi sekitar 5.472 hektar lahan," jelas Faturrahman.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Danau Tapin Bisa Mendongkrak Produksivitas Pertanian di Tapin Kalsel

Terkini

Topik Populer

Iklan