Iklan

Iklan

Diduga Ikut Kampanye, Oknum ASN Dilaporkan ke Bawaslu Banjar

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 20 Oktober 2020, 20 Oktober WIB Last Updated 2020-10-20T15:37:17Z


MARTAPURA- Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar H.Hairul Falah membenarkan adanya pelaporan pelanggaran yang diduga dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam salah satu kampanye Pasangan calon Bupati Banjar Kalimantan Selatan.


Komisioner Bawaslu H.Hairul Falah mengatakan, pada hari Jumat (16/10/20) mendapat laporan dari KY didampingi Penasihat Hukum Muhamad Rusdi, sekira pukul 17.30 Wita. Muhamad Rusdi dan KY melaporkan adanya oknum ASN yang diduga melakukan pelanggaran kampanye. Oknum ASN yang diduga seorang Camat Kecamatan Aluh-aluh turut menghadiri kampanye calon nomor urut 1 Saidi Mansyur - Habib Idrus Alhasby di Desa Bakambat Kecamatan Aluh-aluh tanggal 15 Oktober sekira pukul 14.00 Wita.


"Saat ini pelapor masih harus melengkapi syarat laporan, baik formil maupun materil," kata Hairul Falah, saat dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (20/10/20).


Lanjut Hairul, saat ini pelaporan tersebut masih dalam proses, jadi sesuai dengan yang dilaporkan oleh pelapor dan bukti yang disampaikan. Artinya ada prosesnya masih butuh waktu untuk sampai ke tingkat putusan.


"Bila terbukti pelaporan itu, ada dua pelanggaran yang dilakukan oknum ASN tersebut, yaitu pidana dan kode etik. Dan pasal yang disangkakanya adalah melanggar UU no 10 tahun 2016  pasal 71 ayat 1," tandasnya.


Lebih jauh Hairul menjelaskan, bila hal tersebut mengarah kepidana nanti melalui Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan kalau mengarah ke etik melalui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).


"Saat ini di Bawaslu Kabupaten Banjar sudah menerima lima pelaporan," tutupnya (ron)


 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Ikut Kampanye, Oknum ASN Dilaporkan ke Bawaslu Banjar

Terkini

Topik Populer

Iklan