Iklan

Iklan

KPU Kabupaten Tapin Gelar Pleno, Tetapkan 132.188 DPT

BERITA PEMBARUAN
Kamis, 15 Oktober 2020, 15 Oktober WIB Last Updated 2020-10-15T16:16:47Z


RANTAU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin menggelar Rapat Pleno penetapan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan. Pleno tersebut dihadiri Bawaslu, Forkopimda dan PPK se kabupaten, bertempat di Aula SMAN 1 Rantau Tapin, Kamis (15/10/20).


Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Tapin Hj.Henny Hendriyanti, hasil rekapitulasi penetapan DPT Kabupaten Tapin berdasarkan hasil pleno yang sudah dibacakan 12 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ada perubahan dari hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) 132.182 menjadi 132.188 pada hasil Pleno hari ini.


" Jadi hanya ada peningkatan atau kenaikan pemilih sebanyak enam orang," ucap ketua KPU.


Sementara dengan ada pemilih ganda hasil analisis Bawaslu sudah terkonfirmasi dan terverifikasi. Memang itu ada pemilih ganda lanjut Ketua KPU, kemudian ditindaklanjuti Bawaslu RI, lalu ditindaklanjuti Bawaslu kabupaten dan hari ini dimasukan ke dalam perbaikan.


"Memang kami telah memverifikasi sebelumnya mengidentifikasi ke PPK Binuang kemudian mereka sudah melakukan identifikasi ke lapangan ke tingkat PPS. Ternyata benar dua orang   terindikasi ganda," tuturnya.


Untuk itu lanjutnya, sesuai kesepakatan yang telah disetujui maka salah satu dari DPS yang terindikasi ganda tadi kami coret atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga DPT hari ini sudah clear tidak ada lagi data ganda.


"DPT hari ini sudah final tidak berubah lagi. Tetapi perlu diketahui tidak menutup hak seseorang untuk nanti kalau, misalnya nanti ada masyarakat  Tapin yang tertinggal dan mereka memiliki dokumen e-KTP atau Suket dari Dinas Dukcatpil Tapin namun tidak bisa masuk ke dalam DPT tetapi masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB)," jelas Hj.Henny.


Lanjut Hj.Henny, hasil pleno DPT hari ini tgl 16-17 Oktober 2020 akan di sampaikan untuk kemudian diplenokan di KPU Provinsi.


"Dengan keterbukaan KPU Tapin tentang pemutakhiran data pemilih ini semua masyarakat tidak ada lagi yang tertinggal hak pilihnya nanti pada pemilihan 9 Desember 2020," tandas Henny. (ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Kabupaten Tapin Gelar Pleno, Tetapkan 132.188 DPT

Terkini

Topik Populer

Iklan