Iklan

Iklan

Tertoreh Sejarah, Kampung Sumurbatu Rawamerta

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 30 Oktober 2020, 30 Oktober WIB Last Updated 2020-10-30T11:27:35Z


KARAWANG- Kecamatan Rawamerta salah satu kecamatan di Kabupaten Karawang banyak menyimpan sejarah dan cagar budaya. Selain Monumen Rawagede yang sudah mendunia juga ada petilasan Jaka Tingkir dan Kampung Sumurbatu.


Pantauan berita pembaruan.com hari Jumat (30/10/20) siang di lokasi cagar budaya Sumur Awisan Kramat Sumurbatu tepatnya di Dusun Sumurbatu RT 02 RW 01 Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta terlihat perangkat Desa Sukamerta bersama warga melakukan bersih bersih di sekitar lokasi.


Dikatakan salah seorang yang masih keturunan kuncen (penjaga-red) Awisan Keramat Sumurbatu Asep Solihin, sumur tersebut setiap hari Jumat siang selalu dibersihkan disekitar lokasi sumur.


"Kami hampir setiap ba'da Jumatan selalu bersih-bersih bersama warga sekitar lokasi," ujar Asep singkat.


Lanjut Asep, bersih-bersih ini di adakan tiap hari Jumat seminggu sekali atau minggu ke tiga tiap bulan nya.


Ini, kata Asep sebagai penghormatan kita terhadap orang-orang tua kita yang telah berjasa pada kita. Dan kami juga didukung masyarakat setempat yang berada di Dusun Sumurbatu.


"Sumur awisan ini sejarah  peninggalan terbentuknya kampung Sumurbatu pada zaman kerajaan dahulu. Dan saya dari salah satu keturunan kuncen pengurus terdahulu merasa terpanggil untuk merawat peninggalan bersejarah tersebut, ungkapnya.(mat)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tertoreh Sejarah, Kampung Sumurbatu Rawamerta

Terkini

Topik Populer

Iklan