Iklan

Iklan

Gibas Cinta Damai Tolak Limbah Medis 46,8 Ton yang Rencana Dibuang di Karawang

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 15 November 2020, 15 November WIB Last Updated 2020-11-15T15:46:27Z


KARAWANG- Limbah Medis Covid-19 dari Provinsi Maluku sebanyak 46.861,75 kilogram, yang sedang berada dalam perjalanan menuju Karawang, mendapat penolakan keras dari Ormas Gibas Cinta Damai Resor Karawang.


Dikatakan Wakil Sekretaris Gibas Cinta Damai, Samsudin KMD, penolakan tersebut didasari oleh kekhawatiran hal tersebut dapat menjadi sumber penularan penyakit bagi masyarakat disekitar dan juga rentan dimanfaatkan secara ilegal oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 


Disampaikan Samsudin, ditempat asalnya limbah medis Covid-19 tersebut sudah lama menumpuk sebelumnya, dan dikumpulkan sejak bulan Mei 2020 hingga bulan Oktober 2020 berdasarkan informasi yang banyak beredar di media.


“Gibas Cinta Damai Resort Karawang menolak keras dan akan melakukan penghadangan kalau limbah Covid-19 tersebut benar jadi akan didatangkan ke Karawang,” tegas Samsudin, Minggu (15/11/20).


Dilansir sebelumnya oleh terasmaluku.com, puluhan ton limbah medis Covid-19 tersebut akan dikirim ke PT. Jasa Medivest Plant di Dawuan Tengah, Cikampek, Karawang, Jawa Barat untuk dimusnahkan. Limbah tersebut sudah diangkut oleh 18 kontainer dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju Karawang dan pengiriman limbah ini ditangani oleh PT. Arthama Sentosa Indonesia, sebagai pihak ketiga.


"Puluhan ton limbah Covid-19 yang terkumpul tersebut berasal dari Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)," ujar Roy C Siauta, Kepala DLH Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, pada Selasa (10/11/20).


Ia mengatakan bahwa Limbah covid ini harus dikirim ke Pulau Jawa karena di Ambon (Maluku, red) belum ada incinerator atau alat pemusnah limbah medis. Diketahui juga sebelumnya, limbah medis ini terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD), peralatan medis seperti bekas kemasan obat, jarum suntik hingga bekas makanan dari pasien Covid-19.(za).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gibas Cinta Damai Tolak Limbah Medis 46,8 Ton yang Rencana Dibuang di Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan