Hajat Bumi Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Warga Purwamekar


KARAWANG- Acara seremonial soal hajat bumi mungkin bukan hal baru bagi masyarakat Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta Karawang Jawa Barat. 


Hampir setiap desa menggelar acara pada waktu-waktu tertentu sebagai bentuk syukuran kepada yang maha kuasa. Seperti saat ini ketika akan menyambut bercocok tanam.


Pantauan berita pembaruan.com di lokasi digelarnya Hajat Bumi atau Mapag Cai di kediaman Endang Sofyan yang berlokasi di Dusun Krajan RT 02/01 Desa Purwamekar, terlihat tidak begitu banyak dinikmati warga setempat. Meski dalam acara tersebut menggelar hiburan berupa wayang golek dengan dalang dari luar daerah.


 Endang Sofyan


Dikatakan Endang yang juga sebagai Kepala Dusun di Kampung Krajan, acara wayang ini di mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 Wib. Acara tersebut rutin digelar di kampung ini sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah yang telah memberikan rezeki pada kita. Dan juga sebagai melestarikan budaya yang turun temurun.


"Acara ini terselenggara berkat dukungan warga sekitar kampung ini," ujarnya singkat, Minggu (8/11/20).


Dan lanjut Endang setelah selsai acara wayang golek dilanjut dengan sedekah tumpeng. Yang waktunya sekira pukul 15.00 Wib.


"Tumpeng itu dibuat oleh warga kampung ini. Tumpeng bisa lebih dari seratus akan disedekahkan kepada warga. Yang menerima sedekah bukan hanya untuk warga sini saja. Bisa juga warga kampung lain," terangnya.(mat)   



Lebih baru Lebih lama