Iklan

Iklan

Jelang Hari Jadi Kabupaten Tapin, PA dan KUA akan Gelar Nikah Masal dan Isbat Nikah

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 10 November 2020, 10 November WIB Last Updated 2020-11-10T13:43:58Z


RANTAU-  Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Tapin ke 55 tanggal 30 November 2020 Pememerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin akan menggelar nikah masal dan isbat nikah bekerjasama dengan Pengadilan Agama (PA) dan Kementerian Agama Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.


Dikatakan Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tapin Hj.Rabiatul Adawiyah SAg, untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tapin ke 55, yang puncak acaranya dilaksanakan 29 November, akan mengadakan dua acara.


"Kedua acara tersebut adalah pengesahan nikah atau isbat dan nikah masal," ujar Ketua Pengadilan Agama Rabiatul Adawiyah, Senin (9/11/20).


Lanjut Adawiyah pengesahan nikah itu merupakan kewenangan Pengadilan Agama dan nikah masal itu kewenangan dari Kantor Urusan Agama (KUA), untuk kedua acara tersebut Pemkab bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Dukcapil dan Kementerian Agama Kabupaten Tapin dalam hal ini KUA.


"Nikah masal dan sidang isbat rencananya akan dilaksanakan    Jumat 27 November, tempat di Kantor Pengadilan Agama Rantau di jalan By Pass," tuturnya.


Sementara kata Adiwiyah, untuk nikah masal kewenangan dari KAU apa mereka menikahkan sebelumnya, terus pada puncaknya saja dilaporkan, atau memang pada hari H nya saja tanggal 29 November akan dadakan nikah masalnya.


"Untuk yang akan jadi peserta adalah mereka yang warga Kabupaten Tapin dibuktikan dengan KTP. Karena ini hari jadi Kabupaten Tapin sehingga untuk pemohonnya memang dikhususkan adalah warga Tapin," jelasnya.


Lanjut Rabiatul Adawiyah, pemohon isbat nikah yang masuk ke kami hingga 6 November sudah ada 21 pasang dan itu sudah fiks sudah tidak bisa ditambah tambah lagi. Karena rencana ini kita sesuaikan dengan hari jadi yang ke 55, sehingga ada 55 pasang. Baik itu nikah masal ataupun isbat nikah.


"Kami Pengadilan Agama dapat 21 pasang. Jadi sisanya 34 pasang nikah masal. Dan itu menjadi kewenangan KUA se Kabupaten Tapin," tandasnya.(Ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Hari Jadi Kabupaten Tapin, PA dan KUA akan Gelar Nikah Masal dan Isbat Nikah

Terkini

Topik Populer

Iklan