Iklan

Iklan

Jelang Pemungutan Suara, KPU Gelar Rapat Koordinasi di Hotel Mercure

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 15 November 2020, 15 November WIB Last Updated 2020-11-15T01:15:29Z


KARAWANG- Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menjelang hari pemungutan suara 9 Desember 2020 dihadiri ketua dan jajaran Komisioner KPU Jawa Barat di  Hotel Mercure Karawang, Sabtu (14/11/20).


Rakor yang dipimpin Ketua KPU Miftah Farid digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang tahun 2020.


Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok. Asda I Ahmad Hidayat (Desk Pilkada Kabupaten Karawang), Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama P, Kasi Intel Kejaksaan Ziko Extrada dan Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang.


Acara rakor ini pun diikuti oleh Muspika dan PPK se Kabupaten Karawang secara Virtual melalui zoom meeting.


Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok dalam sambutannya mengatakan bahwa KPUD Kabupaten Karawang sudah melaksanakan tahapan tahapan Pilkada 2020 mulai dari pendaftaran, pengundian nomer urut calon dan penetapan calon ini dengan sukses sesuai peraturan yang berlaku dan sesuai dengan protokol yang berlaku karena saat ini kita masih dalam pandemi covid-19. 


" Tinggal dua tahapan lagi saat ini,  tahapan logistik, pengelolaan logistik ini sangat krusial, diakhir November ini akan ada penumpukan logistik," tutur Rifqi, Sabtu (14/11/20).


Maka lanjut Rifqi, diharapkan KPU, PPK beserta jajaran ditingkat TPS selalu berkoordinasi untuk mengelola logistik agar bisa memastikan ketepatan jumlah, kualitas dan kecepatan distribusi agar semua berjalan lancar hingga hari pemungutan suara. 


Dan tahapan selanjutnya masih kata Ketua KPU Jawa Barat, yaitu memastikan pemungutan suara sesuai protokol kesehatan, ini tantangan berat untuk KPUD, petugas KPPS harus memastikan proses pemungutan suara harus sesuai protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitaizer, memakai masker dan menjaga jarak ditempat pemungutan suara, karena KPUD hanya melaksanakan rafid tes hanya untuk penyelenggara, saksi di TPS dan warga masyarakat tidak di rafid tes.


"Tahapan terakhir adalah proses penghitungan suara, saat ini KPU sudah mengenalkan aplikasi Si Rekap (sistem informasi rekapitulasi) C1 pleno difoto dan discan lalu bisa dipublikasi ke masyarakat, kita masih menunggu kebijakan dari KPU pusat untuk penggunaan aplikasi Si Rekap ini," jelasnya.


Diharapkan Rifqi Ali Mubarok, tingkat partisipasi pemilih di Karawang meningkat, KPU Jawa Barat menargetkan 77,5 persen tingkat partisipasi pemilih, harus ada peningkatan dari Pilkada 2015 lalu sekitar 69 persen tingkat partisipasi pemilih di Karawang. 


Untuk mencapai target 77,5 persen jajaran PPK, KPPS dan TPS harus terus menyampaikan informasi dan mensosialisasikan bahwa tanggal 9 Desember 2020 adalah hari pemungutan suara pemilihan calon bupati dan calon wakil bupati.


"KPU Jawa Barat akan mengusulkan adanya perlombaan TPS terbaik, TPS terunik, TPS terkreatif agar menarik warga masyarakat datang ke TPS agar tingkat partisipasi pemilih meningkat," tandasnya.


Acara tersebut diakhiri dengan  penandatanganan hasil rakor terkait dengan persiapan menjelang pemungutan suara pada Pilkada Karawang tahun 2020.(Ki)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Pemungutan Suara, KPU Gelar Rapat Koordinasi di Hotel Mercure

Terkini

Topik Populer

Iklan