Iklan

Iklan

Menaker Netralitas ASN di Pilkada Karawang

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 04 November 2020, 04 November WIB Last Updated 2020-11-04T05:03:52Z


KARAWANG- Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilihan umum serta pemilihan kepala daerah selalu mengemuka dan menjadi sorotan publik.


Begitu juga saat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Netralitas ASN sedang menjadi sorotan mendekati hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.


Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Karawang Viary Muchlas Mubarok kepada berita pembaruan.com, Rabu 4 November 2020.


Lanjut Aden sapaan akrab Viary, seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya, netralitas ASN sedang diuji. Godaan untuk terlibat dalam dukung-mendukung diperkirakan sedang terjadi secara personal.


Sementara kata Aden, aspek yang perlu disoroti dalam pilkada adalah netralitas ASN, karena pilkada di Karawang diikuti peserta yang merupakan petahana, sumber daya birokrasi pemeritahan dan pemerintahan desa kerap dijadikan lembaga untuk memenangkan kepentigan politik dan kekuasaan. 


Amanah UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dalam Pasal 2 huruf f menyebutkan, penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan asas netralitas. 


"Maka netralitas ASN merupakan prinsip, nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku yang tidak dapat dipisahkan dari ASN. Netralitas ASN merupakan jaminan bagi penyelenggaraan birokrasi yang kuat dan iklim demokrasi yang sehat dalam mewujudkan pemilihan umum langsung, umum, bebas, mandiri, jujur dan adil," tuturnya. 


Tambahnya, hal yang bisa menjadi penyebab ketidaknetralan ASN karena ingin mencari keuntungan demi mendapatkan jabatan dan keistimewaan dari kontestan yang akan dimenangkan. 


"Saya berharap ASN untuk tetap menjaga netralitasnya jangan karena kentalnya kultur patron-klien sehingga mencederai nilai demokrasi sendiri," tandasnya.(den/red).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menaker Netralitas ASN di Pilkada Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan