Iklan

Iklan

Panitia Pilkades se Kecamatan Rawamerta Resmi Terbentuk

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 11 November 2020, 11 November WIB Last Updated 2020-11-11T06:32:08Z


KARAWANG- Pembentukan dan Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Kades) se Kecamatan  Rawamerta dilaksanakan di aula Desa Sekarwangi, Rawamerta Karawang, Rabu (11/11/20)


Pembentukan dan Pelantikan Panitia tersebut sesuai dengan Keputusan Bupati Karawang Nomor.141.1/Kep. 593. Huk/2020 tentang Panitia Pemilihan Kepala Desa.


Diketahui Kecamatan Rawamerta akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tujuh desa. Acara tersebut dihadiri Muspika dan BPD dan unsur tokoh masyarakat Rawamerta.


Menurut Camat Rawamerta Asep J Koswara, ini merupakan bagian dari pembinaan pengarahan dari muspika sehingga proses panitia pilkades ini, pertama pembentukan, pelantikan pengarahan sekaligus bagaimana mekanismenya kedepan sesuai dengan perbup bahwa, panitia dan BPD ini harus bekerja dan netral. Sehingga peoses demokrasi di desa bisa berjalan sesuai aturan yang ada.


"Panitia sekarang mungkin sudah bekerja, karena bulan depan sudah ada pendaftaran," ujar Camat.


Sementara ditempat yang sama Kapolsek Rawamerta Iptu.M.Wasis mengatakan, dalam pelantikan panitia sebelas Desa Sekarwangi ini kita memberikan himbauan kepada panitia sebelas ini, untuk yang pertama tetap melaksanakan kinerjanya dengan profesional artinya harus memahami betul pekerjaannya, dasar-dasar hukumnya, peraturan-peraturan lainya dalam pelaksanaan pilkades ini.


"Kemudian yang kedua netralitas, adalah modal agar pelaksanaan pilkades ini sukses dan lancar," ujar Kapolsek Rawamerta Iptu.Wasis.


Diharapkan kata Iptu Wasis, seluruh panitia Pilkades atau sering disebut panitia sebelas masing masing bisa menjaga netralitas nya untuk bisa mensukseskan pilkades ini bisa berjalan dengan baik, aman dan nyaman. Karena apabila semua panitia  bersikap netral, pilkades ini bisa berjalan tidak aman. Namun kalau ada yang tidak netral maka pilkades ini bisa berjalan tidak aman.


"Semuanya itu tergantung panitia sebelas untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pilkades ini," ujar Wasis.


Yang ketiga lanjut Wasis, hindari politik praktis, lebih praktis dari panitia itu sendiri maupun dari keluarga. Dan

diharapkan panitia meskipun punya hak pilih masing-masing namun tidak boleh ditunjukkan dalam kegiatan politik praktis meraka. Itu harus disimpan di dalam hati untuk disalurkan pada saat pencoblosan di bilik suara.


"Panitia harus profesional dalam melaksanakan kinerjanya dan tetap menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan pilkades ini. Itu yang diharapkan. Kita menjaga Pilkades ini aman, lancar dan damai," tandas Iptu Wasis. (mat).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Panitia Pilkades se Kecamatan Rawamerta Resmi Terbentuk

Terkini

Topik Populer

Iklan