Iklan

Iklan

Pemkab Matangkan Agenda Isbat dan Nikah Masal, Sambut Hari Jadi Kabupaten Tapin

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 10 November 2020, 10 November WIB Last Updated 2020-11-10T16:43:37Z


RANTAU- Rencana nikah masal dan sidang isbat akan dilaksanakan di Lapangan Tenis 30 November Tapin, Kalimantan Selatan, tanggal 29 November dari pukul 08.00 Wita sampai dengan selesai.


Hal itu disampaikan Kabag Kesra Kabupaten Tapin Zahidi Haitami, SHi,MM pada wartawan sesaat setelah Rapat Koordinasi, Senin 9 November 2020.


Dikatakan Zahidi, peserta untuk isbat nikah ada 21 pasang, nikah masal ada 26 pasang masih kurang delapan pasang. Dan Insya Allah tanggal 16 itu kita konfirmasi lagi untuk kelengkapan persiapan nikah masal. Sedangkan untuk biaya pemerintah yang tanggung. Sementara untuk isbat nikah itu ada ketentuan nya. 


"Sedang syarat untuk nikah masal kita ga batasi milenial atau yang sudah berumur. Yang pasti mereka mau ikut nikah masal," jelas Kabag Kesra.



Sementara Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama, Tapin  Munadjab Efendi Allu, menyampaikan saat ini kita akan mempersiapan tentang nikah masal yang rencananya tanggal 29 November yang bertempat di Lapangan Tenis 30 November jalan perintis Tapin.


"Jumlah peserta sementara 21 pasang. Itu informasi dari Pengadilan Agama dan sisanya nikah masal. Semuanya gratis," ujar Munadjab.


Untuk pendaftar kata Munadjab, diberi waktu hingga minggu depan. Sementara untuk kriteria, yang tidak punya biaya. Padahal nikah di KUA itu nol rupiah. Dan ini bisa juga membantu yang tidak terdaftar di KUA tercatat nikahnya sehingga bisa tercatat.


" Tugas kita bisa memeriksa status wali nikah nya. Karena tugas dari KUA memverifikasi data. Jadi sebelum mereka itu nikah di Pengadilan Agama diverifikasi dulu di KUA, yang pada akhirnya nanti, Pengadilan Agama juga kewenangan nya, yang memberikan keputusan, apa bisa dilangsungkan isbat nikah atau tidak," terangnya.(ron)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Matangkan Agenda Isbat dan Nikah Masal, Sambut Hari Jadi Kabupaten Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan