Iklan

Iklan

Pendidikan Dini dan Ekonomi Kerakyatan, Ciptakan Kesejahteraan

BERITA PEMBARUAN
Senin, 23 November 2020, 23 November WIB Last Updated 2020-11-23T03:22:01Z


KARAWANG- Tahun Politik di Kabupaten Karawang bukan hanya tahun ini saja 2020, namun akan dilanjutkan dengan tahun berikutnya 2021. Pasalnya pada tahun 2021 tepatnya bulan Maret digelar  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 177 desa se Kabupaten Karawang.


Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur merupakan desa yang sangat beraroma kota. Berdiri diwilayah itu beberapa pusat bisnis, Hotel berbintang, Rumah Sakit serta obyek wisata. 



Awalnya berangkat dari rasa keprihatinan dan kepedulian terhadap desanya, Iwan Setiawan lulusan Fakultas Hukum Unsika ini turut berpartisipasi aktif masuk dalam perhelatan Pilkades. 


Dikatakan Iwan dengan modal dukungan dari keluarga, tokoh masyarakat dan berbagai komunitas, dirinya maju dipencalonan Kepala Desa Sukaharja.


"Saya maju dipencalonan ini bukan dengan tanpa pemikiran, khususnya ide-ide serta program untuk memajukan Desa Sukaharja. Desa ini kalau dikelola dengan program kerakyatan yang mumpuni bisa akan menciptakan kesejahteraan masyarakat," terang Iwan, Minggu (22/11/20).


Lanjut Iwan, program peningkatan fasilitas dan pemberdayaan potensi ekonomi kerakyatan melalui sektor wisata dan tata usaha kecil menengah, dilaksanakan bisa dikembangkan dengan cara, membangun tempat yang dinilai mempunyai potensi ekonomi yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat disetiap dusun yang ada di wilayah Desa Sukaharja.


"Memanfaatkan ruang terbuka hijau atau tempat yang dinilai mempunyai daya tarik dan ada nilai estetika. Dan itu bisa mengembangkan serta  mendongkrak perekonomian masyarakat," paparnya pemuda yang juga berprofesi sebagai pedagang sayur di Pasar Baru Karawang.


Bukan hanya itu saja lanjut Iwan, program peningkatan minat baca masyarakat, seperti, pengembangan perpustakaan desa, pengadaan buku-buku perpustakaan desa. Dan program pelestarian budaya dan adat istiadat desa, seperti, pembinaan dan pengembangan kelompok kesenian tradisional, pembangunan dan pemeliharaan Gedung Kesenian, pentas seni tradisional maupun modern.


"Untuk meningkatkan prestasi kepemudaan, saya mempunyai program peningkatan sarana olahraga dan kepemudaan yang akan dilaksanakan dengan kegiatan, pemberian bantuan pengadaan sarana olah raga. Untuk memfasilitasinya dalam pembuatkan lapang bola, bulu tangkis, volly atau sarana olah raga lainya di wilayah atau dusun yang ada di Desa Sukaharja," jelas pemuda kelahiran tahun 1989 ini.


Untuk mengaplikasikan kepedulian terhadap lingkungan, masih kata Iwan, ada program yang menyentuh untuk penyelamatan lingkungan hidup, seperti, penanaman pohon yang dapat bermanfaat bagi warga masyarakat.


"Insya Allah kalau saya ditakdirkan jadi Kepala Desa Sukaharja, akan lebih meningkatan pendidikan kerohanian sejak dini pada masyarakat khususnya anak-anak atau generasi penerus bangsa," tandas pemuda yang senang mengedarai motor trail ini. (red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendidikan Dini dan Ekonomi Kerakyatan, Ciptakan Kesejahteraan

Terkini

Topik Populer

Iklan