Cegah Penyebaran Covid-19, Terminal Kampung Rambutan Wajibkan Rapid Test


JAKARTA- Hampir satu tahun pandemi Covid-19 mewabah di negeri ini. Berbagai cara dilakukan agar tidak terus masif penyebarannya. Salahsatunya dengan mewajibkan kepada calon penumpang untuk dilakukan rapid test disetiap pintu masuk dan keluar kota.


Seperti dilakukan pengelola Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mulai mewajibkan rapid test anti body bagi calon penumpang antar kota antar provinsi, Senin (21/12/20).


Petugas akan memeriksa surat keterangan hasil rapid test anti body yang dibawa calon penumpang, sebelum menaiki bus. 


Sementara, bagi yang belum menjalani test anti body langsung diarahkan ke posko layanan di loby terminal untuk test anti body dengan biaya Rp 85 ribu per orang.


Disampaikan Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Made Jhoni, pelaksanaan rapid test anti body bagi penumpang dan awak bus ini berlaku hingga 8 Januari mendatang. 


Lanjunya, pelaksanaan rapid test ini melibatkan tim medis dari Puskesmas Kecamatan Ciracas.


"Bila terbukti reaktif Covid langsung kita cegah untuk melanjutkan perjalanan dan harus menjalani swab di puskesmas terdekat," ujar Made.


Dikatakan petugas tim medis Puskesmas Kecamatan Ciracas, Beny Pardede, setiap hari ada tujuh petugas medis yang siaga untuk memberikan layanan kesehatan bagi awak bus dan calon penumpang.  


"Petugas medis terdiri dari dokter, perawat dan sopir ambulance," terangnya.(nur/*)



Lebih baru Lebih lama