Iklan

Iklan

Gugah Selera, Manjakan Lidah dengan Baso Mercon dan Sumsum

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 06 Desember 2020, 06 Desember WIB Last Updated 2020-12-06T15:26:20Z


KARAWANG- Baso. Ya baso siapa yang tidak mengenal kuliner seperti bola kecil yang terbuat dari adonan daging itu ?


Dan siapa sih yang tak doyan atau belum merasakan makanan itu ? 


Adonan daging berbentuk bulat ini diadaptasi dari kuliner China. Hingga kini bakso ini masih jadi makanan favorit di negeri ini.



Makanan ini sudah menjadi khas Indonesia, ternyata bola-bola daging tersebut berasal dari China saat pemerintahan Dinasti Ming sekitar abad ke-17. 


Kuliner tersebut bisa sampai ke Indonesia karena pada ribuan tahun lalu ada para imigran dari China yang berlabuh ke Indonesia memperkenalkan makanan dari adonan daging berbentuk bola-bola.



Di Karawang tepatnya di Kampung Baringkung RT 06/02 Dusun Tamiang Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta terdapat jajanan tersebut.


Kedai Aneka Baso Daging Sapi menyediakan berbagai varian menu baso seperti Baso Mercon, Buntel, Baso Selimut Tetangga, Pelakor dan Baso Tusukan Mantan.


"Wah kalau sudah nyoba berbagai varian baso ini, yakin akan teringat terus. Susah untuk dilupakan," ujar pemilik kios Warjo saat berita pembaruan nyambangi kiosnya, Minggu (6/12/20).


Untuk harga perporsinya kata Warjo masih bisa terjangkau. Untuk Baso Mercon cukup 20 ribu saja. Dengan varian isi tumisan sambel sereh yang dipadu tetelan dan toping yang lainya.


"Wah, pasti mak yoos, apalagi saat ini lagi musim hujan, mantaplah," terang Ayah Diana Putri sapaan akrab Warjo.



Selain itu, lanjut Warjo, ada juga dengan harga yang sama 20 ribu baso buntel yang jelas tidak kalah dari baso mercon. 


"Ada lagi, yang harga perporsi 30 ribu rupiah. Baso selimut tetangga yang isinya daging cincang tumis sereh, pokoknya tidak akan menyesal dengan 30 ribu bisa memanjakan selera kita semua," jelasnya sembari promosi.


Lanjut Warjo, bukan hanya tiga varian saja yang bisa menggugah indra perasa kita. Ini ada lagi Baso Selimut Pelakor yang isinya yang bikin nampol banget yang isinya banyak rupa-rupa toping mengairahkan.


"Lalu yang 35 ribu itu baso tusukan mantan dibuat dari rusuk sapi fresh asli baru dan bisa melupakan mantan. Dengan toping-topingnya mantan lewat semua," ucap warga Purwamekar ini.


Kemudian lanjut Warjo, ini yang perporsinya 40 ribu, namanya Baso sum-sum atau betis sapi lokal yang baru dipotong. Sumsumnya bisa diminum dan dirasakan bisa membuat yang makan 'kelenger' ketagihan.


"Ini kuah kaldunya murni original dari sum-sum dan ada daging iris, ada baso kecil-kecil nya ada toping lemak sapinya dan segala macam," paparnya dengan penuh semangat.


Kedai Aneka Baso Daging Sapi ini dibuka mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB. "Ayo kita kunjungi ke Purwamekar bersama manjakan selera kita," tandasnya.(mat)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gugah Selera, Manjakan Lidah dengan Baso Mercon dan Sumsum

Terkini

Topik Populer

Iklan