Iklan

Iklan

Kabupaten Tapin Raih Penghargaan 'Kabupaten Peduli HAM' ke 6 Kali

BERITA PEMBARUAN
Senin, 14 Desember 2020, 14 Desember WIB Last Updated 2020-12-14T14:15:47Z


RANTAU- Pemerintah Kabupaten Tapin kembali raih Piagam Penghargaan “Kabupaten Peduli HAM ” dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk kali ke-6 secara berturut-turut dari tahun 2015 hingga 2020.


Piagam penghargaan yang ditandatangani  Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly, ini diserahkan secara langsung Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Ir. Roy Rizali Anwar, mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Agus Toyib, kepada Bupati Tapin yang diwakili Sekretaris Daerah Tapin H.Masyraniansyah pada puncak acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-72 Tahun 2020 di Gedung KH. Idham Khalid Kantor Sekretariat Daerah Provinsi di Banjarbaru secara virtual dan dihadiri Bupati dan Walikota se Kalsel sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19, Senin (14/12/20).


Sekda H.Masyraniansyah menjelaskan, penghargaan ini, merupakan predikat istimewa karena memiliki kriteria indikator penilaian yang tinggi dan terjaga kualitasnya, yang diukur berdasarkan indikator struktur, proses, dan hasil sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia.


"Kriteria untuk mencapai kabupaten peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan," ujar Sekda.


Proses penilaian tersebut lanjut Sekda, dilakukan pada perangkat daerah yang membidangi kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan, dan lingkungan, serta perangkat daerah dan instansi vertikal dan lembaga terkait lainnya yang berada di Kabupaten Tapin.


"Data yang telah terverifikasi pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah disampaikan Pemkab melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel untuk selanjutnya diteruskan kepada   Kemenhum dan Ham Republik Indonesia di Jakarta untuk dilakukan proses penilaian," paparnya.


Terpisah, Bupati Tapin HM.Arifin Arpan, mengaku sangat bersyukur dan bangga, Pemkab Tapin kembali dapat mempertahankan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM pada tahun 2020 ini hingga keenam kalinya secara berturut-turut.


"Hal ini berkat solidaritas dan kerjasama semua pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tapin," kata HM Arifin Arpan.


Lanjut Arifin Arpan, dalam melaksanakan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan perlindungan hak asasi manusia. Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tapin yang baru saja merayakan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke-55 Tahun yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.


"Semoga kedepannya dukungan semua pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat di Tapin dalam melaksanakan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan perlindungan hak asasi manusia di Kabupaten Tapin makin meningkat," tandasnya.(rls/ron)

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kabupaten Tapin Raih Penghargaan 'Kabupaten Peduli HAM' ke 6 Kali

Terkini

Topik Populer

Iklan