Iklan

Iklan

KPU Tapin Musnahkan Surat Suara Lebih dan Rusak

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 08 Desember 2020, 08 Desember WIB Last Updated 2020-12-08T04:47:05Z


RANTAU- KPU Kabupaten Tapin  memusnahkan sisa surat suara lebih  maupun rusak. Total surat suara sisa tersebut mencapai 366 lembar.


Pemusnahan surat suara yang lebih  dan rusak dilakukan dengan cara dibakar di halaman Sekretariat KPU Tapin Jalan Jenderal Sudirman By Pass, Tapin Kalimantan Selatan.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin Hj. Henny Hendriyanti mengatakan, kegiatan tadi KPU bersama Bawaslu memusnahkan surat suara yang lebih maupun yang rusak. Kelebihan surat suara yang kondisinya bagus 307 lembar, yang rusak 59, jadi yang dibakar ada 366 surat suara, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan.


" Jadi pemusnahkan nya itu dengan di bakar," ujar Henny saat dikonfirmasi berita pembaruan.com di kantor KPU, Selasa (8/12/20).


Hadir dalam acara pemusnahan tersebut, ketua Bawaslu Tapin Thessa Aji Budiono, Kapolres AKBP Pipit Subiyanto beserta Kabagops AKP Reinhard Maradona dan Kasat Intel Polres Tapin.


Sementara ditempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapin Thessa Aji Budiono menuturkan, dalam proses pengawasan kami melihat KPU Tapin sudah sesuai peraturan yang berlaku yaitu PKPU Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengamanan Surat Suara dan Perlengkapan Pemungutan Suara lainnya. 


Dan lanjut Thessa, dalam peraturan itu disebutkan setelah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, apabila ditemukan surat suara yang rusak dan kelebihan kirim, maka itu harus dimusnahkan paling lambat pemusnahanya 1 hari sebelum pemungutan suara.


"Pemungutan suara kan besok, maka hari ini, satu hari sebelum pemungutan suara, kita laksankan pemusnahanya," ujar Thessa Aji Budiono.


Lanjut Thessa Aji, kita sudah tanda tangani bersama Berita Acara pemusnahanya yang ditandatangani selain oleh KPU, Bawaslu juga oleh Kapolres Tapin.


Selama masa tahapan Pilkada imbuh Thessa, ada beberapa saran perbaikan kepada KPU Tapin, dan Alhamdulillah bisa diterima dan ditindaklanjuti dengan cepat dan diapresiasi


"Semoga pelaksanaan pilkada besok bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan dan diatur secara bersama-sama," pungkasnya. (ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Tapin Musnahkan Surat Suara Lebih dan Rusak

Terkini

Topik Populer

Iklan