Iklan

Iklan

Lipsus: Segudang Prestasi ASN Pemkab Tapin dan Birokrasi Pelayanan Publik

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 02 Desember 2020, 02 Desember WIB Last Updated 2020-12-02T16:00:43Z


RANTAU- Segudang Prestasi diraih Pemerintah Kabupaten Tapin, mulai penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020, hingga ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dianugerahi tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) hingga. 


Sesuai peraturan pemerintah nomor 35 tahun 2010 pasal 22  tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, tentang syarat khusus untuk memperoleh tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) adalah ASN yang telah bekerja penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD Republik Indonesia tahun 45, negara dan pemerintah serta penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin serta terus menerus paling singkat 10, 20 dan 30 tahun.


Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin mendapatkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, SLKS 30 tahun 20 orang struktural dan fungsional umum,14 orang tenaga kesehatan, 22 orang tenaga pendidik, SLKS 20 tahun 23 orang struktur dan fungsional umum,15 orang tenaga kesehatan, 1 orang tenaga pendidik dan untuk SlKS 10 tahun 45 orang ASN struktural dan fungsional, 57 orang tenaga kesehatan,12 orang tenaga pendidik.


Dalam sambutannya Wakil Bupati Tapin H. Syafrudin Noor yang menyematkan dan menyerahkan SK tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, Selasa (1/12/20) lalu, di Rantau menyampaikan, tidak semua ASN bisa menerima anugrah ini, meskipun sudah mencapai pengabdian selama 10,20 atau 30 tahun, jika kinerjanya malas-malasan atau sering tidak masuk kantor.


"Dalam suasana hari Korpri dan hari jadi Tapin dijadikan momentum untuk terus meningkatkan prestasi, memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagai abdi negara," ujar Syafrudin Noor.


Lanjut Syafrudin, bagi ASN yang menerima anugrah tanda kehormatan ini berharap bisa jadi motivasi, kebanggaan dan pelindung diri untuk tidak melakukan penyelewengan sebagai seorang ASN.



Sementara Isro Antarikso S.km M.Kes salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten yang menerima anugrah tanda kehormatan SLKS  mengatakan, dirinya mendapatkan anugrah 30 tahun pengabdianya sebagai ASN di lingkungan Pemkab merasa senang karena anugerah ini sebuah kebanggan tersendiri bagi ASN yang mendapatkannya.


"Kedepan akan bekerja lebih giat lagi agar sesuai tujuan pemerintah menjadikan Tapin Unggul Tapin Produktif terang ASN yang ke 3 kalinya mendapatkan tanda kehormatan SLKS 10, 20, 30 tahun pengabdiannya," terang Isro.


Sementara Bupati Tapin HM Arifin Arpan telah menerima Data Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan buku Daftar Alokasi Transfer ke daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2020,


HM Arifin Arpan mengatakan, setelah menerima Dipa akan sesegera mungkin untuk merealisasikan ke Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) masing masing.


"Kedepannya bisa lebih baik lagi dan berhasil lagi untuk mempertahankan pemeriksaan keuangan," ujar Arifin Arpan.


Prestasi untuk Pemkab Tapin masih ada lagi, seperti Pemkab telah menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan yang diserahkan oleh Plt. Gubernur Kalimantan Selan Rudy Resnawan di Gedung KH Idham Khalid Banjarbaru, Selasa (1/12/20) kemarin.


Pantauan wartawan, Kabupaten Tapin dari masa ke masa terus melakukan upaya untuk kemajuan dalam bidang infrastuktur maupun kesejahteraan masyarakatnya. 


Diusianya yang ke 55 tahun tanggal 30 November 2020 yang lalu, Tapin yang dipimpin HM Ariffin Arpan sebagai bupatinya, terus meraih prestasi. Dengan banyaknya penghargaan yang didapat, salah satu penghargaan teranyarnya Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 'Cabai Hiyung Pedasnya 17 x lipat'.


Saat ini HM Arifin Arpan menjabat sebagai bupati yang ke tiga tahun bersama Wakil Bupati H Syarifudin Noor di masa periode ke 2 kepemimpinannya.


Dikatakan Arifin Arpan, semoga kedepan Tapin bisa semakin maju, semakin berkembang dan sejahtera. Dan rencana kedepan, kita akan menindaklanjuti pembangunan yang belum selesai didistribusikan tahun ke tiga selama periode ke dua ini. Semua ini diharapkan bisa terselesaikan.


"Dan untuk bidang pertanian yang menjadi program andalan tahun ini cukup bagus, hanya saja harus di tindaklanjuti," ujar Arifin Arpan sesaat  seusai acara hari jadi Kabupaten Tapin, di Kantor Sekda yang baru diresmikan di Jalan Rantau Baru Tapin, Senin (30/11/20) 


Sebelumnya dalam sambutan hari jadi Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan yang diraih dibidang pertanian (cabai hiyung).


Menurut bupati semua itu karena hasil kerja keras seluruh pihak terutama para petani yang ada di Desa Hiyung. Para petani cabai hiyung berani berinovasi dan menjaga kwalitas sehingga mampu mengekspor hingga ke luar negeri (Jepang).


Untuk diketahui cabai hiyung hasil dari para petani yang ada di Tapin tidak hanya dipasarkan seperti cabai pada umumnya, yang setelah di panen lalu di jual ke pasar. Di Tapin cabai hiyung dipasarkan setelah cabai diolah terlebih dahulu menjadi produk seperti abon cabai, sambal hiyung dan kecap hiyung.


Dalam pengamatan kami wartawan, cabai hiyung adalah variatas cabai yang berbeda dari cabai-cabai lain yang ada di Indonesia terutama dari pedasnya. (ron).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lipsus: Segudang Prestasi ASN Pemkab Tapin dan Birokrasi Pelayanan Publik

Terkini

Topik Populer

Iklan