Iklan

Iklan

Polres Tapin Siagakan Pengamanan Libur Nataru dengan Penerapan Prokes

BERITA PEMBARUAN
Kamis, 24 Desember 2020, 24 Desember WIB Last Updated 2020-12-24T06:08:09Z


RANTAU- Sesuai Maklumat Kapolri Nomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Tapin mempersiapkan pengamanan Nataru.


Kabag Ops Polres Tapin AKP Reindhard Maradona kepada berita pembaruan menjelaskan tentang kesiapan Polres  menjelang Nataru saat dihubungi via telepon Rabu 23/12/2020 malam.


"Persiapan kita sebelumnya sudah mengadakan rapat koordinasi," ujar Reindhard.


Lanjutnya, ada beberapa point yang akan kita lakukan. Kita akan fokus dan total untuk memberikan pengamanan dalam pelaksanaan ibadah dan akan tekankan tentang pentingnya prokes, terkait dengan libur natal dan tahun baru. Selanjutnya kita melakukan kegiatan operasi dengan mendirikan pos di tempat-tempat yang rawan kerumunan.


"Kita akan lakukan pembatasan dengan memberikan pendidikan kepada masyarakat, bagaimana pentingnya penggunaan masker  di setiap fasilitas harus tersedia tempat cuci tangan. Kita bekerjasama dengan Satpol-PP untuk mensosialisasikan Surat Edaran ke beberapa tempat, seperti tempat hiburan untuk menutup sementara selama Nataru," tuturnya.


Untuk personil kata Reindhard, Polres Tapin  menyiapkan 360 di tambah dari unsur tni 100 personil, Satpol-PP ada 60. Mengingat saat ini  sudah musim penghujan disertai cuaca ekstrim, ini bisa mengakibatkan bencana seperti banjir. 


"Untuk di Tapin terkait Nataru ini cenderung sepi. Namun, karena libur panjang biasanya masyarakat biasa pulang kampung" ujar Kabag Ops melalui saat dikonfirmasi melalui jejaring WhatsApp.


Lebih jauh Reindhard menjelaskan, pihaknya juga mengantisipasi kecenderungan anak muda yang ingin berkumpul di RTH, Lapangan Budi Darma jalan yang menuju Pasar Keraton, yang suka dipake ajang balap liar. 


"Kalau untuk petasan dan kembang api, kita mencegahnya dengan melakukan razia ke pedagang petasan karena itu bisa menyebabkan orang berkerumun, dan bila terbukti melanggar akan diberikan sanksi sesuai Perbup 2020," tegasnya.


Sementara hasil pengecekan ke lapangan masih kata Reindhard, prokesnya cukup tinggi, bahkan ibadah sudah biasa dilakukan melalui daring. Pihaknya berpesan dan berharap kepada masyarakat Natal dan Tahun Baru ini, kali pertama yang kita rasakan dalam suasana pandemi covid19 kaidah-kaidah Prokes harus benar-benar di jalankan.



"Silahkan laksanakan kegiatan atau rayakan even akhir tahun bersama keluarga, namun lakukan di rumah saja. Dan untuk masyarakat silahkan bekerjasama dengan satgas sampai tingkat RT untuk bersama menjaga keamanan, kenyamanan seluruh lapisan masyarakat," pesan AKP Reindhard.(Ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Tapin Siagakan Pengamanan Libur Nataru dengan Penerapan Prokes

Terkini

Topik Populer

Iklan