Iklan

Iklan

Suara Budi Utomo Mengalir ke Eddi Ganefo di Munas Kadin IX

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 15 Desember 2020, 15 Desember WIB Last Updated 2020-12-15T09:23:51Z


JAKARTA- Sudah diduga sebelumnya, bahwa peserta Munas IX Kadin PB yakni utusan-utusan Kadin Daerah dengan mudah melimpahkan dukungan mereka dari yang semula kepada Budi Utomo (penantang) kepada Eddi Ganefo (petahana).


Hal itu terlihat pada acara pemandangan umum yang berlangsung hari kedua Selasa, (15/12/20) di Manhattan Hotel, Jakarta Pusat. 


Sebelumnya, sejumlah pengurus Kadin daerah berkeras mau mengganti Eddi Ganefo dengan alasan tidak berhasil memberdayakan potensi di daerah. 


Kebulatan tekad pengurus daerah itu disepakati dalam bentuk pernyataan tertulis yang ditandatangani bersama dan telah diserahkan kepada Oso sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.


Dalam sambutannya pada acara pembukaan munas, Senin malam (14/12/20) Eddi Ganefo, menuturkan bahwa dirinya telah meminta kepada segenap pengurus Kadin Indonesia, baik ditingkat Pusat, maupun Provinsi, Kabupaten dan Kota, untuk membantu mempromosikan produk UMKM, melalui berbagai media, baik medsos (FB, WA, IG, Twitter, dan lain-lain) juga melalui e-commerce dan lain-lain.


Tidak hanya itu, kata Eddi Ganefo, Kadin PB  secara nyata membantu penjualan ekspor produk UMKM bekerja sama dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI). 


Lebih lanjut, Eddi mengatakan, bagi pelaku UMKM yang tidak memiliki perizinan ekspor pun kami bantu. Segenap Komite Luar Negeri Kadin Indonesia diminta mencari dan membantu melakukan penjualan produk UMKM pada berbagai negara di dunia.


Menurut informasi yang berkembang di kalangan panitia munas, menanggapi keluhan para pengurus kadin daerah yang mengkritik kepemimpinan Eddi Ganefo, memunculkan serangan balik yang mempersoalkan kinerja para pengurus kadin daerah itu sendiri.


Banyak pengurus Kadin Daerah yang terkenal vokal, ternyata sejak dibentuk tidak pernah berbuat apa-apa di daerahnya. Bahkan hampir 50 persen, menurut informasi tidak punya kantor.


Laporan pertanggungjawaban Eddi Ganefo sebagai Ketua Umum Kadin PB diterima secara aklamasi pada sidang hari kedua. Bahkan dia diusulkan untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum Kadin PB periode 2020- 2015.


Lebih jauh Eddi Ganefo menjelaskan, tantangan Kadin PB ke depan sangat tidak mudah, terutama setelah adanya wabah Pandemi Covid-19. Termasuk menertibkan pengurus Kadin Daerah yang tidak punya kinerja yang baik, terutama yang tidak punya kantor.


Selama Munas Kadin PB IX berlangsung, sejumlah tokoh senior nasional Wakil Ketua Umum Kadin PB pendukung Eddi Ganefo. 


"Dari angkatan pertama nampak bertahan selama Munas mendampingi,  Bachtiar Ujung, Zainal Bintang, Benny Pasaribu, Yocky Hutagalung," jelasnya  (Okta).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Suara Budi Utomo Mengalir ke Eddi Ganefo di Munas Kadin IX

Terkini

Topik Populer

Iklan