Aplikasi Sipromia dan IA Mart Permudah Akses Pemasaran Hasil Pertanian



RANTAU- Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang milik Kementerian Pertanian RI di bawah Dirjen Sumberdaya Manusia Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan terus berinovasi, membuat produk inovasi pertanian berbasis aplikasi yang di namai SIPROMIA dan IA Mart.

DR.Ir.Yulia Asni Kurnia MSi mengatakan, Sipromia ini aplikasi BBPP Binuang dikelola  Divisi Promosi dan Pemasaran, aplikasi ini sudah berjalan kurang lebih satu tahun, responnya luar biasa. 

"Masyarakat kan bisa dengan mudah mendapatkan jasa berjualan produk hasil pertanian," ujar DR. Yulia di Komplek BBPP Jalan A.Yani Km 84 Kecamatan Binuang, Tapin.

Menurut Yulia, diluncurkannya aplikasi Sipromia ini untuk membantu masyarakat para pelaku pertanian agar memudahkan akses pemasaran hasil pertanian, khususnya petani binaan balai besar pelatihan pertanian

Selain inovasi berbasis aplikasi (online) balai besar pelatihan pertanian Binuang juga mempunyai pasar tani yang menjual secara langsung hasil pertanian seperti sayur segar, buah buahan, umbi-umbian dan banyak lainnya yang bisa dibeli secara langsung oleh masyarakat di stan-stan yang ada di halaman depan BBPP. 

"Juga sekarang BBPP memiliki cafe yang bernama IA cafe yang menyediakan makanan dan minuman dari hasil divisi pengolahan yang tujuannya untuk masyarakat secara umum, juga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi karyawan balai besar pelatihan pertanian," terang Yulia.

Masih menurut kepala BBPP Binuang DR.Yulua, inovasi produk ini implementasi dari amanat Presiden RI awal menjabat di periode ke dua yang mengatakan bahwa selama petani itu bekerja sendiri-sendiri, petani itu tidak akan besar, maka petani itu perlu dikorporasikan.

"Untuk merepresentasikan itu BBPP Binuang membangun unit unit usaha dan andalannya bernama Inkubator Agrikultur (IA) sebagai korporasi petani," jelasnya.

Di BBPP sini kata Yulia, ada beberapa divisi, seperti Divisi Pengembangan Peternakan dan Perikanan, Divisi Jamur Tiram dan Hidroponik, Divisi Pengelolaan Limbah, Divisi Aneka Ragam Hayati, Divisi Alsistan, Divisi Pengolahan Hasil, Divisi Pembenihan dan Pembibitan dan Divisi Promosi serta Pemasaran.

" Nah semua Divisi ini membuat produk hasil produksinya dipasarkan satu pintu oleh Divisi Promosi dan Pemasaran tadi yang mengelola IA Mart dan Sipromia tadi," tandasnya.(ron).
Lebih baru Lebih lama