Iklan

Iklan

BBPP Binuang Miliki Konsep Pertanian Terpadu dan Bisnis Perdagangan

BERITA PEMBARUAN
Minggu, 10 Januari 2021, 10 Januari WIB Last Updated 2021-01-10T09:06:21Z

RANTAU- Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan terus berbenah dan berinovasi.

BBPP Binuang dibawah naungan Kementrian RI dan meliputi wilayah kerja 5 provinsi yang ada di Pulau Kalimantan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara di bangun diatas lahan seluas kurang lebih 11 hektar.


Pantauan berita pembaruan BBPP Binuang memiliki konsep pertanian terpadu bukan hanya jenis tanaman yang digarap, namun bidang peternakan, perikanan, bisnis perdagangan pun mulai dikembangkan.

Dibidang pertanian, selain aneka ragam jenis sayuran organik dengan sistem aqua phoenik yang ditanam, ada tanaman kakao, ada juga tanaman rosela yang bisa diolah untuk jenis selai juga bisa dibuat juice herbal. 

Sementara, dibidang peternakan ada pembibitan sapi dengan berbagai jenis dan itik petelor jenis alabio. Lalu dibidang perdagangan ada cafe yang menjual makanan serta minuman hasil olahan divisi-divisi yang ada di BBPP Serta ada juga pasar tani yang menjual sayuran dan buah hasil tanaman BBPP dan kelompok-kelompok tani binaan balai.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang DR.Ir .Yulia Asni Kurnia MSi mengatakan, untuk divisi peternakan dan perikanan di tahun 2021 ini pihaknya telah melakukan pengelolaan limbah hasil peternakan yang ada di BBPP menjadi pupuk kompos. Untuk peternakan sapi kita sekarang untuk pembibitan, dan sudah berhasil mengembangkan sapi melalui perkawinan antara jenis PO dengan jenis sapi simental.

"Untuk perikanan kita masih dalam skala kecil, sistem yang kita kelola dalam pembudidayaan ikan, itu sifatnya berkesinambungan, air limbah dari ikan kita gunakan untuk media tanam aqua poenik," ujar DR. Yulia di BBPP Jalan A.Yani KM 84 Binuang Tapin, Minggu (10/1/21).

Rencana di tahun 2021 ini kami akan membuat area pemancingan yang di peruntukan bagi masyarakat umum yang lokasinya sudah ada.

Ia mengatakan di lokasi BBPP selain untuk tempat pelatihan pertanian juga harapannya bisa menjadi lokasi wisata edukasi dan pengembangan bisnis di bidang pertanian. 

"Semacam tempat belajar pertanian terpadu bagi masyarakat umum, pelajar-pelajar mulai TK sampai perguruan tinggi sambil ada wisatanya kan lokasi ini cocok juga buat selfie bahkan banyak yang melakukan fre wedding di sini," ujarnya.

Lebih lanjut DR.Yulia mengatakan bahwa bisnis pertanian merupakan bisni yang menguntungkan sepanjang masa dan tidak kenal masa.

"Berbeda kalau kita berbisnis dibidang industri misalkan seperti pekerja tambang. Tambang itu umurnya pendek atau tergantikan energi terbaru. Sedangkan pertanian itu sendiri energi yang selalu terbarukan sepanjang hidup asalkan tetap diperhatikan," tutup DR. Yulia. (ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BBPP Binuang Miliki Konsep Pertanian Terpadu dan Bisnis Perdagangan

Terkini

Topik Populer

Iklan