Iklan

Iklan

BPBD Tapin Kirimkan Tim Bantu Korban Banjir di Kabupaten Banjar Kalsel

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 13 Januari 2021, 13 Januari WIB Last Updated 2021-01-13T13:05:56Z


RANTAU- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin mengirim tim untuk membantu korban banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang berdekatan dengan Kabupaten Tapin.


Kepada berita pembaruan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Tapin H.Ahmad Sofyan Rabu (13/1/2021) mengatakan, dari BPBD Tapin mengirim tim untuk membantu korban banjir di Kabupaten Banjar tepatnya di Desa Sungai Raya Kecamatan Simpang Ampat, yang terdiri dari 22 personil, 1 perahu karet untuk mengevakuasi warga, 1 perahu bermotor Viber, 2 mobil pick up, 1 mobil komando, 1 truk dapur serta peralatan logistik.


"BPBD Kabupaten Tapin sendiri selain  mendirikan Pos Komando siaga darurat bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung yang berlokasi disamping kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapin dalam rangka kesiapsiagaan kita," terang Ahmad Sofyan.


Lanjutnya, kami terus memantau melalui sosial media, orari dan desa tanggung bencana yang dibentuk BPBD. Ini bentuk kewaspadaan apabila bencana banjir meluas ke wilayah Tapin dan di Tapin rencana kontinjensi banjir sudah disusun data-data daerah wilayah banjir memang ada.


Untuk diketahui di Kalimantan Selatan, minggu ke dua di bulan Januari tahun 2021 intensitas curah hujan cukup tinggi. Di Kabupaten Tapin sendiri dalam kurun waktu awal Januari sampai sekarang hampir setiap hari turun hujan, dan seminggu terakhir ini, tiap hari turun hujan dengan waktu yang cukup lama.



Pantauan beritapembaruan di Desa Sungai Raya Kecamatan Simpang Ampat Kabupaten Banjar, kondisi air merendam sampai ke atap rumah warga. Dan juga jalan Trans-Kalimantan penghubung Kalimantan Timur dengan Kalimantan Selatan ikut terendam air. Di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar air diperkirakan 50-70 centimeter. Bahkan Pondok Pesantren tertua di Kabupaten Banjar Darussalam Martapura pun ikut kena banjir.


Tidak hanya BPBD Kabupaten Tapin yang mengirim tim untuk membantu korban banjir di kabupaten yang terkena bencana banjir di Kalimantan Selatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapin pun ikut berpartisipasi  membantu korban bencana banjir yang ada di daerah Kurau Bati Bati Kabupaten Tanah Laut, PMI Tapin membantu dengan membuka fasilitas dapur umum di tempat penampungan warga terdampak banjir di bawah koordinator lapangan Dwi Suryanto SKM kepala Markas PMI Kabupaten Tapin. (Ron).



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Tapin Kirimkan Tim Bantu Korban Banjir di Kabupaten Banjar Kalsel

Terkini

Topik Populer

Iklan