Iklan

Komisi III DPR RI Uji Kelayakan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

BERITA PEMBARUAN
Rabu, 20 Januari 2021, 13:04 WIB Last Updated 2021-01-26T09:52:45Z
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/21)


JAKARTA- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membangun kepemimpinan 2021-2024 dengan tagline transformasi Polri Presisi  yang merupakan abreviasi dari PREdiktif, respon SIbilitas, dan transparansi berkeadilan.


Hal itu disampaikan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo dihadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Gedung DPR RI, Senayan, Rabu (20/1/2021).


“Konsep POLRI PRESISI merupakan fase lebih lanjut dari POLRI PROMOTER (PROfesional, MOdern, dan TERpercaya) yang telah digunakan pada periode sebelumnya, dengan pendekatan pemolisian berorientasi masalah (problem oriented policing),” ujar Listyo.


Lanjut Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, dalam kepemimpinan POLRI PRESISI, ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing) agar Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisa berdasarkan pengetahuan, data, dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin.


“Kata responsibilitas dan transparansi berkeadilan menyertai pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan agar setiap insan Bhayangkara mampu melaksanakan tugas Polri secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, dan berkeadilan,” terang lulusan Akpol 1991 yang masih menjabat Kabareskrim ini.


Untuk membawa laju perubahan ini, Jenderal Bintang tiga ini menegaskan, kepemimpinan Polri memerlukan penerapan manajemen transformasi atau perubahan sebagai pilihan institusi untuk mempersiapkan, melengkapi dan mendukung kebutuhan institusi dalam menjawab berkembangnya tantangan dan peluang.



“Proses transformasi tersebut, mutlak harus terinternalisasi pada setiap insan Bhayangkara yang akan menentukan berhasilnya organisasi Polri melewati fase transisi dari kondisi saat ini menuju kondisi baru PRESISI melalui pemolisian yang terukur dalam memecahkan masalah sebagaimana yang diharapkan masyarakat,” terang mantan Kapolda Banten Listyo Sigit Prabowo. (Okta).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komisi III DPR RI Uji Kelayakan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Terkini

Topik Populer

Iklan