Iklan

Bantu Korban Banjir HMI Buka Posko dan Dapur Umum

BERITA PEMBARUAN
Senin, 25 Januari 2021, 16:37 WIB Last Updated 2021-01-26T09:52:39Z
Pengurus Cabang HMI Banjarmasin saat bantu korban bajir ke tempat pengungsian, Senin (25/1/21). foto:roni

RANTAU- Musibah banjir di Kalimantan Selatan ini merupakan yang terparah karena sebelumnya tidak pernah Kalimantan Selatan mengalami banjir seperti ini.

Dan Ini yang membuat salah satu organisasi mahasiswa yang ada di Banjarmasin, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bergerak turun ke lapangan. Sebelum membuka posko pengungsian dan dapur umum, HMI telah melakukan penggalangan dana selama dua hari berturut-turut untuk korban banjir.



“Setelah viralnya berita banjir di Bati-Bati dan Pengaron, kami bersama kader-kader HMI langsung turun kelapangan melakukan penggalangan dana selama dua hari berturut-turut," ujar Ketua HMI Cabang Banjarmasin Muhammad Faisal Akbar, Senin (25/1/21).

Lanjunya, sudah hampir dua minggu ini Banjarmasin menjadi salah satu daerah yang terdampak banjir. Jadi kami berinisiatif untuk membuka posko pengungsian sejak hari Jumat (15/01/2021) dan dapur umum ini.

"Update data hari ini jumlah pengungsi berjumlah 18 KK, 84 jiwa, dan makanan yang harus kami siapkan sampai hari ini sebesar 800 bungkus dalam sehari .” kata Faisal Akbar.

Posko HMI berada di KAHMI Center Jalan Pramuka Komplek Melati Banjarmasin Timur, untuk sementara menjadi tempat penampungan dan dapur umum untuk warga sekitar.

"Pengungsi ada dari warga Simpang Limau, Kompelek Melati serta Hamparan Raya," sambungnya.

Sementara, akses dari jalan utama ke posko HMI airnya sudah mulai surut, tapi ada beberapa titik di bagian dalam komplek masih ada yang dalam dan belum dapat bantuan.

“Kami sudah koordinasi ke ACT Kalsel, BAZNAS Kalsel, KAHMI Kalsel, BPBD Kota Banjarmasin, dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, jika sewaktu-waktu debit air meningkat sehingga memerlukan evakuasi lebih lanjut," terang Faisal.

Dikatakan Faisal, gerakan HMI hari ini fokus pada aksi kemanusiaan dulu, karena musibah ini merupakan duka bersama. Pasca banjir lalu melakukan evaluasi terhadap pemegang kebijakan yang berkaitan dengan musibah banjir di Kalsel.

“Ini adalah gerakan konkrit HMI Cabang Banjarmasin dalam membantu masyarakat menghadapi bencana yang memang tidak dikira-kira oleh masyarakat. Tidak sekedar ucapan duka cita lewat flyer yang disebar di sosial media. Alhamdulillah banyak yang mendukung kegiatan kami ini, dari KAHMI, Forhati, dan masyarakat baik yang di Kalimantan maupun diluar Kalimantan. Permasalahan banjir ini adalah duka bersama kita fokus aksi kemanusiaan dulu, setelah musibah berlalu baru kita cari tahu banjir ini salah siapa,” tandasnya lagi.

Kami berharap adanya dari para relawan dan donasi yang mau menyalurkan sumbangannya ke pada kami melelaui Bank BRI Nomor Rekening 0242-0101-5513-537 An. Muhammad Faisal Akbar.(Ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bantu Korban Banjir HMI Buka Posko dan Dapur Umum

Terkini

Topik Populer

Iklan