Iklan

Iklan

Peringati HUT ke-48, PDI Perjuangan Tapin Gagas Pembentukan Koperasi

BERITA PEMBARUAN
Jumat, 01 Januari 2021, 01 Januari WIB Last Updated 2021-01-01T09:25:31Z


RANTAU- Dalam rangka peringatan HUT ke-48, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin menggagas pembentukan koperasi, yang diberi nama Koperasi Mitra Handilan Marhaen (MHM). Melalui koperasi, partai kaum marhaenis ini ke depan berencana akan memberdayakan jajaran pengurus dan kadernya. 

Hal itu disampaikan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin, Yuspianor, ST., dalam rilisnya yang diterima berita pembaruan.com, Jumat (1/1/21)

"Gagasan ini sudah lama ada, pemikiran dari senior-senior partai, dan pada saat ini akan dikonkretkan mengambil momentum peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan ini, ditambah harapan kita dapat melewati pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini," terang  Yuspianor.

Yuspianor menambahkan, bahwa pendirian koperasi ini adalah juga melembagakan budaya handilan yang ada di masyarakat Kalimantan Selatan.

"Di tengah masyarakat kita, telah berlangsung sejak dulu budaya gotong royong dan kebersamaan dalam sistem handilan, seperti handilan qurban dan handilan maulid, nah kita akan melembagakan budaya handilan ini lewat koperasi. Sehingga berangkat dari mengangkat budaya handilan ini, koperasi itu kita namakan Koperasi Mitra Handilan Marhaen (MHM)," jelasnya.

Lanjut Yuspianor, koperasi ini menjadi sarana, wadah diskusi, belajar dan bertukar pikiran. Memecahkan masalah bersama. Belajar berorganisasi disamping belajar hal-hal teknis lainnya, seperti melatih pertukangan, sablon kaos, mengelola sampah, beternak, membuat pupuk dan pestisida nabati, menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Kami berharap, ini bisa meluas ke berbagai bidang usaha. Tapi, tujuan bisnis hanya salah satu saja. Menurut Bung Hatta, koperasi itu tak cuma entitas bisnis keuangan. Koperasi adalah lembaga ekonomi, sosial dan politik sekaligus," tandas Yuspi.

Dibanyak negara kata Yuspi, koperasi yang dikelola profesional mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Australia para peternak sapi dan domba hampir semua tergabung dalam koperasi. Melalui koperasi mereka mampu terus mengembangkan berbagai usahanya sehingga meningkatkan kesejahteraan kehidupan mereka. Di Amerika Serikat yang kita anggap negara liberal malah koperasinya cukup berjalan baik dimana salah satunya listrik dikelola koperasi dengan pelanggan sebagai anggota koperasinya. 

"Kedepan, koperasi diyakini merupakan alternatif strategis bagaimana lebih optimal mewujudkan Trisakti Bung Karno dalam bidang ekonomi. Yang pada tahapan berikutnya mampu menciptakan kemandirian politik masyarakat negeri ini, dengan tetap berkepribadian dan berkebudayaan Indonesia," pungkas Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tapin. (rls/ron).




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati HUT ke-48, PDI Perjuangan Tapin Gagas Pembentukan Koperasi

Terkini

Topik Populer

Iklan