Iklan

Koramil 1010-07 Piani Gencar Sosialisasi Posko Penangan Covid-19 Hingga Tingkat RT

BERITA PEMBARUAN
Sabtu, 13 Februari 2021, 09:48 WIB Last Updated 2021-02-13T02:48:14Z
Sinergitas anggota Koramil dan Polsek serta aparat desa dalam pembentukan Posko Penangan Covid-19


RANTAU- Di Kabupaten Tapin pembentukan Pos Komando (Posko) penanganan Covid-19 berskala mikro terus dilakukan dari mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan sampai tingkat rukun tetangga (RT) yang ada di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan.


Seperti halnya yang dilakukan Koramil 1010-07/Piani yang wilayah tugas kerjanya meliputi dua kecamatan (Piani dan Lokpaikat) melalui Babinsa terus melakukan sosialisasi dan pembentukan Posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan bahkan tingkat RT.


Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1010-07/Piani Serda Wahyudi kepada reporter beritapembaruan.com Sabtu (13/2/2021) menyampaikan, pada hari ini kami Babinsa Ramil 1010-7/Piani bersama  dengan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Lokpaikat juga Kepala Desa Lokpaikat melaksanakan sosialisasi (pemasangan spanduk) dan pembentukan posko relawan aman Covid-19 tingkat RT.


"Jumlah posko relawan Aman Covid-19 tingkat RT yang dibentuk di Desa Lokpaikat Kecamatan Lokpaikat hari ini sebanyak 12 RT," ucap Serda Wahyudi.


Sementara Danramil 1010-07/Piani Kapten Inf Waluyo mengatakan, pembentukan pos komando (posko) penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan di dua kecamatan wilayah tugas kerja kami terus dilakukan. Di Kecamatan Piani ada 8 desa, sedangkan di Kecamatan Lokpaikat yang masih wilayah tugas Koramil 1010-07/Piani ada 8 desa dan 1 kelurahan, semuanya kami dirikan posko Covid-19.


"Kami Koramil 1010-07/Piani bersama Camat dan Polsek Lokpaikat dalam rangka upaya menekan penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Lokpaikat, mendorong untuk membentuk satgas relawan Aman Covid-19 sampai tingkat RT," tegasnya.


Lanjutnya, kami berharap seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam melawan penyebaran Covid-19. Kami berikan apresiasi kepada Kepala d5esa l5okpaikat dan Bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan Babinsa untuk bersama sama menangani pandemi Covid-19 ini.


Sementara kita ketahui imbuh Kapten Waluyo, posko penanganan Covid-19 tingkat desa atau kelurahan merupakan bagian dari penerapan pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) skala mikro dan memiliki 4 fungsi, pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.


"Pencegahan meliputi sosialisasi, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," paparnya.


Lebih lanjut Waluyo menambahkan, penanganan berkaitan dengan kesehatan, testing,tracing, treatment, karantina, vaksinasi serta penanganan ekonomi dan sosial.  


"Pembinaan berkaitan dengan penegakan disiplin dan pemberian sanksi kepada masyarakat. Sedangkan fungsi pendukung berkaitan dengan data, logistik, komunikasi dan administrasi," jelas Danramil 1010-07 Kapten Waluyo.


Hal tersebut diatas sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 03 tahun 2021, berbagai unsur baik aparat mau pun mitra desa, ikut serta melakukan koordinasi pelaksanaan PPKM.(kr-07/Ron) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Koramil 1010-07 Piani Gencar Sosialisasi Posko Penangan Covid-19 Hingga Tingkat RT

Terkini

Topik Populer

Iklan