Iklan

Presiden Jokowi Direncanakan Resmikan Bendungan Tapin Kamis Besok

BERITA PEMBARUAN
Selasa, 16 Februari 2021, 22:34 WIB Last Updated 2021-02-17T07:50:23Z
Bendungan Tapin Desa Pipitak Jaya Kecamatan Piani rencana akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Kamis (18/2/21).


RANTAU- Bendungan Tapin yang berlokasi di Desa Pipitak Jaya Kecamatan Piani Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, kurang lebih 21 km arah selatan dari kota Rantau ibukota Kabupaten Tapin dengan lebar jalan 7 meter.


Pembangunan Bendungan Tapin termasuk dalam Program Prioritas Pembangunan atau Proyek Strategis Nasional bendungan di seluruh Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 2015 dan pengisian awal dimulai pada tanggal 2 Oktober 2020 lalu dengan menelan biaya APBN keseluruhan diperkirakan Rp.1,058 triliun. Ada pun nilai kontrak dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Adipraya Waskita Karya mencapai Rp.896 miliar.


Bendungan Tapin memiliki kapasitas 56,77 M3 juga memiliki tiga fungsi, pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas 3,3 megawatt, pengairan bagi lahan pertanian kurang lebih seluas 5472 hektar dan pasokan air baku sebanyak 0,50 m3 per detik juga mengurangi debit banjir sebesar 255 M3 per detik.


Ada tiga desa yang terkena proyek pembangunan bendungan yang berada di pegunungan Meratus tersebut. Desa Pipitak Jaya, Desa Miawa dan Desa Harakit Kecamatan Piani.


Bendungan Tapin dibangun dengan type timbunan batu zonal inti tegak, untuk bendungan utama memiliki tinggi 70 meter dengan kontruksi terowongan pengelak sepanjang 430 meter, cofferdam setinggi 29 meter serta spillway (pelimpahan) sepanjang 234 meter dan lebar 10-19 meter.


Hari Kamis lusa 18 Februari 2021 Bendungan Tapin rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. 


"Presiden RI Joko Widodo sudah dipastikan datang hari Kamis 18 Februari 2021 untuk meresmikan Bendungan Tapin," terang Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Selasa (16/2/2021).


Pantauan beritapembaruan.com di sepanjang Jalan A Yani (Jl Trans Kalimantan Banjarmasin-Tanjung) mulai Kecamatan Binuang sampai kota Rantau Kabupaten Tapin, aparat baik TNI maupun Polri sudah banyak berdatangan ke Kabupaten Tapin serta berjaga dengan senjata lengkap di perempatan dan titik-titik lokasi tertentu.


Beragam tanggapan dari warga Tapin terkait kedatangan Presiden RI ke Tapin, salah satunya Dwi Suryanto (53) dia merasa senang dan bangga kabupatennya akan di kunjungi Presiden Jokowi.


"Seingat Ulun (saya-red) ini pertama kalinya ada presiden yang berkunjung ke Tapin," ucapnya


Sementara Yusfianoor (38) sebagai warga Tapin, dia juga merasa senang dan bangga jikalau benar Presiden RI Joko Widodo datang ke Kabupaten Tapin tempat kelahirannya.


"Apalagi Sidin (beliau-Presiden RI) telah menghadirkan dan meresmikan mahakarya untuk Tapin dengan dibuatkannya bendungan yang tentu akan sangat bermanfaat ke depannya bagi masyarakat Tapin khususnya," aku Yusfianoor yang juga sebagai Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tapin.(Ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Jokowi Direncanakan Resmikan Bendungan Tapin Kamis Besok

Terkini

Topik Populer

Iklan