Iklan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Piani Kalimantan Selatan

BERITA PEMBARUAN
Kamis, 18 Februari 2021, 17:45 WIB Last Updated 2021-02-18T11:06:24Z
Presiden RI Joko Widodo saat tekan tombol tanda resminya Bendungan Tapin beroperasi, Kamis (18/2/21)/foto:Jagat


RANTAU- Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo resmikan Bendungan Tapin yang berada di Desa Pipitak Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (18/2/21) 


Bendungan yang memiliki kapasitas tampung 56,77 juta meter kubik itu dibangun dengan anggaran mencapai Rp 986,5 miliar dengan memakan waktu pengerjaan selama lima tahun.


"Bendungan ini dibangun lima tahun yang lalu dari 2015 dan sekarang telah selesai," ujar Presiden dalam sambutan peresmian.


Bendungan Tapin ini sangat bermanfaat bagi pengairan lahan pertanian sekitar kurang lebih 5.472 hektare dan mampu menyediakan air baku hingga 500 liter per detik, berpotensi menyediakan tenaga listrik sebesar 3,3 megawatt, dan mereduksi banjir hingga 60 persen.


Bendungan ini berhasil menahan banjir untuk Kabupaten Tapin, dampak reduksi banjir dari keberadaan bendungan tersebut harus disertai dengan penanganan menyeluruh mulai dari sisi hulu hingga hilir.


"Penghutanan kembali, penanaman kembali di lahan-lahan terutama yang berkaitan dengan daerah aliran sungai yang ada. Ini perlu segera dilakukan secara besar-besaran kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa-masa yang akan datang," tandas Presiden Jokowi.


Selain mereduksi dampak banjir, Bendungan Tapin ini, nantinya juga diharapkan akan turut berperan dalam peningkatan sektor pertanian di Kalimantan Selatan.


"Ini bisa jadi obyek Wisata bukan hanya untuk Kabupaten Tapin tapi untuk Kalimantan Selatan," tandas Presiden sebelum menekan tombol sirene tanda resminya Bendungan beroperasi.(Ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Piani Kalimantan Selatan

Terkini

Topik Populer

Iklan